Tasming Hamid Tanggapi Ramainya Bursa Calon Wakil Wali Kota Parepare

Nhico
Nhico

Minggu, 05 Mei 2024 12:33

Tasming Hamid.(F-INT)
Tasming Hamid.(F-INT)

Pedomanrakyat.com, Parepare – Tasming Hamid (TSM) sangat mengapresiasi banyak figur yang mendeklarasikan diri maju sebagai calon Wakil Wali Kota Parepare.

Hal ini dikemukakan oleh juru bicara TSM, Fuad Ukkas, saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Minggu 5 Mei 2024.

“Menurut beliau, ini menandakan demokrasi kita khususnya di Parepare terus bertumbuh,” ucap Fuad.

“TSM berpendapat bahwa fenomena ini menandakan regenerasi dan kaderisasi kepemimpinan di Parepare berjalan dengan baik. Mereka adalah putra putri daerah yang ingin mempersembahkan yang terbaik untuk kemajuan Parepare,” sambungnya.

Akan tetapi, kata Fuad, sampai saat ini TSM belum bersikap siapa saja di antara figur yang meramaikan bursa calon wakil wali kota yang dinominasikan menjadi pendampingnya.

“Bagi beliau masih terlalu dini untuk menyebut nama-nama yang masuk nominasi. Meskipun sebagian besar telah menjalin komunikasi dengannya,” terangnya.

Kata dia, penentuan siapa yang akan menjadi calon wakil, ada mekanisme dan prosedurnya. Hal ini akan diputuskan oleh TSM bersama partai-partai pengusung.

Menurut TSM, salah satu indikator penentuan calon wakil adalah hasil survei. Hasil survei akan memberikan gambaran secara objektif, komprehensif, dan terukur, figur mana yang pas dengan TSM, berdasarkan pendapat dari masyarakat.

Fuad menjelaskan, selain survei, ada kriteria lain yang menjadi penilaian dalam menentukan pendamping TSM. Di antaranya aspek kompetensi. Secara detail aspek ini mensyaratkan kemampuan dan pengalaman calon.

“Kemampuan yang dimaksud mengetahui dan memahami birokrasi pemerintahan,” ujarnya.

“Sementara pengalaman yang dimaksud, pernah memimpin organisasi sehingga jiwa leadershipnya sudah ditempa sekaligus ada pengalaman menjalankan tugas manajerial,” lanjutnya.

Kata Fuad, calon wakil tidak mesti berlatar belakang birokrat. Tapi harus mengetahui dan memahami birokrasi pemerintahan, serta memiliki jiwa leadership dan kemampuan manajerial yang mumpuni.

Selain itu, kata dia, calon wakil harus cocok dengan TSM. Saling melengkapi satu sama lain. Kita ingin kepemimpinan wali kota dan wakilnya dwi tunggal.

“Harapan kami ke depannya, terbangun sinergitas yang harmonis antara wali kota dan wakilnya hingga masa periode pemerintahannya berakhir,” katanya.

TSM, beber Fuad, sudah berkomitmen akan menempatkan dan melibatkan wakilnya dalam menjalankan roda pemerintahan secara arif dan bijaksana. Tidak secara kaku hanya berpatokan pada norma peraturan perundang-undangan saja.

“Kita harus lebih arif dan bijak, tidak menjadikan peraturan perundang-undangan sebagai pembenaran untuk memosisikan wakil kepala daerah sebatas pajangan dan cadangan semata,” ujarnya.

Menurutnya, selain hukum positif, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, kita terikat norma lainnya yang harus dipedomani dan diimplementasikan. Norma tersebut mencakup norma agama, norma susila dan norma budaya.

 Komentar

Berita Terbaru
Uncategorized19 Mei 2024 01:52
Tak Ada Lawan, Phil Foden Pemain Terbaik Liga Inggris 2023/24
Pedomanrakyat.com, Inggris – Phil Foden dinobatkan sebagai pemain terbaik Premier League 2023/24. Gelandang Manchester City itu memang tampil me...
Olahraga19 Mei 2024 01:32
Spektakuler! Bayer Leverkusen Juara Bundesliga Tanpa Pernah Kalah
Pedomanrakyat.com, Jerman – Bayer Leverkusen sukses menorehkan sejarah di Liga Jerman 2023/2024. Pasukan Xabi Alonso jadi tim pertama yang meren...
Politik19 Mei 2024 01:24
Yusril Mundur dari Ketua Umum PBB, Digantikan Fahri Bachmid
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Yusril Ihza Mahendra mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) dalam sidang Musyawarah D...
Nasional19 Mei 2024 01:18
Kabar Duka: Tokoh Pers Nasional Salim Said Meninggal Dunia
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Kabar duka datang dari dunia pers dan perfilman Indonesia. Wartawan senior dan tokoh perfilman Indonesia Salim Said...