Terduga Hacker PDNS Minta Maaf, Janji Beri Kunci Data Gratis Besok

Nhico
Nhico

Selasa, 02 Juli 2024 17:57

Ilustrasi Hacker.(F-INT)
Ilustrasi Hacker.(F-INT)

Pedomanrakyat.com, Jakarta – Terduga pelaku peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2, di Surabaya, ransomware gang Brain Chiper, mengaku akan memberikan secara cuma-cuma pembuka (dekripsi) data yang dikunci imbas ransomware.

“Masyarakat Indonesia, kami meminta maaf atas fakta bahwa [serangan] ini berdampak ke semua orang,” menurut keterangan akun pengguna forum gelap, brain chiper, dalam bahasa Inggris yang diunggah oleh akun perusahaan intelijen siber StealthMole, Selasa (2/7).

“Kami juga mohon terima kasih dan kepastian masyarakat bahwa kami telah mengambil keputusan tersebut secara sadar dan mandiri.”

Akun ‘gelap’ yang menyertakan tagline “More important than money, only honor” ini juga mengaku akan membagikan kunci-kunci data yang diretas secara cuma-cuma.

“Rabu ini kami akan memberi Anda kunci-kuncinya secara gratis,” ungkap mereka.

Kelompok ini berharap peretasan PDNS tersebut mendorong pendanaan dan SDM yang lebih layak di sektor teknologi ini.

“Kami harap serangan kami membuat jelas soal betapa pentingnya buat mendanai industri ini dan merekrut pakar yang layak,” kata mereka.

“Jika perwakilan pemerintah menganggap salah berterima kasih kepada peretas, Anda bisa melakukannya secara pribadi lewat kantor pos,” imbuh keterangan tersebut.

Akibat serangan ini, sebagian besar data di pusat data yang dihuni 282 institusi pemerintah pusat dan daerah ini terkunci dan tak bisa dipulihkan sejauh ini.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro12 Juli 2024 23:29
Baru 2 Orang, KPK Dorong Perempuan Daftar Capim KPK
Pedomanrakyat.com, Jakarta – KPK merespons soal jumlah perempuan pendaftar Capim KPK yang masih sedikit. KPK meminta para perempuan atau srikand...
Nasional12 Juli 2024 23:24
Paripurna DPD Ricuh, Berawal dari Pengesahan Tata Tertib
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Rapat paripurna DPD RI ke-12 Masa Sidang V Tahun Sidang 2023-2024 hari ini panas bahkan mikrofon Ketua DPD La Nyall...
Nasional12 Juli 2024 23:15
NasDem Dukung Penggabungan RRI dan TVRI
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Hasbi Anshory mendukung usulan penggabungan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik...
Politik12 Juli 2024 23:11
NasDem Luncurkan Program Sanitasi Sekolah Sehat
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Demi meningkatkan perhatian pada kualitas sanitasi sekolah yang menjadi elemen dasar dalam rangkaian upaya mencer...