Tiga Hari Pasca Banjir, Bantaeng Berangsur Pulih

Editor
Editor

Selasa, 16 Juni 2020 08:13

Tiga Hari Pasca Banjir, Bantaeng Berangsur Pulih

Pedoman Rakyat, Bantaeng – Pemerintah Kabupaten Bantaeng terus berupaya menangani dampak banjir setelah di Bantaeng. Proses evakuasi material lumpur terus dilakukan dengan kerja sama relawan, ASN, TNI dan Polri serta masyarakat setempat.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin memantau langsung pembentukan posko kesehatan dan pembentukan dapur umum yang didirikan TNI dan Polri. Fasilitas ini didirikan di sekitar pelataran kolam renang Be’lang.

Selain itu, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin bersama sejumlah forkopimda juga terus memantau kerja bakti yang dilakukan di sejumlah titik material lumpur. Fokus penanganan material lumpur dilakukan di Pasar Sentral Baru Bantaeng. Targetnya, pasar ini bisa kembali beraktivitas secepat mungkin.

Sekretaris Daerah Bantaeng, Abdul Wahab mengatakan, sejauh ini proses kerja bakti terus dilakukan. Proses perbaikan fasilitas umum juga dilakukan.

Dia mengatakan, Pemkab Bantaeng juga telah berkoordinasi dengan pihak PLN untuk menyelesaikan kerusakan jaringan listrik akibat banjir. Hingga, siang ini, perbaikan jaringan listrik sudah 100 persen pulih.

“Jaringan listrik kembali pulih 100 persen,” jelas dia.

Dia menambahkan, selain jaringan listrik juga telah dibenahi jejaring air bersih bersama tim PDAM Bantaeng. Dia mengakui, akibat banjir, banyak jaringan PDAM yang patah dan rusak. “Jaringan PDAM juga akan segera mungkin dipulihkan,” jelas dia.

Dia menambahkan, saat ini tercatat ada sebanyak 2.233 rumah yang rusak akibat bencana banjir itu. Total kerugian ditaksir mencapari Rp25 miliar. Selain itu, Pemkab Bantaeng juga telah melakukan assesment terhadap warga yang menjadi korban banjir. Tercatat sejauh ini sudah ada 6.300 warga Bantaeng yang terkena dampak banjir.

“Kita juga telah menambah dapur umum di pelataran kolam renang Be’lang,” jelas dia. (zul)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik21 Juni 2024 17:13
Andi Irwan Hamid Rela Jalan Kaki Temui dan Dengar Langsung Harapan Masyarakat Pinrang
Pedomanrakyat.com, Makassar – Calon Bupati Kabupaten Pinrang Andi Irwan Hamid kembali bertemu dan menyapa masyarakat Pinrang di dua Kelurahan. K...
Metro21 Juni 2024 16:59
APT Gelar Pengawasan di SMAN 20 Makassar, Warga Pertanyakan Status Lahan Sekolah
Pedomanrakyat.com, Makassar – Anggota DPRD Sulawesi Selatan Andre Prasetyo Tanta (APT) menggelar pengawasan pelaksanaan APBD Sulsel. Pada titik ...
Ekonomi20 Juni 2024 22:56
Kolaborasi Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfo Makassar Wujudkan Makassar Penyangga IKN
Pedomanrakyat.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pojok Literasi 2024 bertajuk “Sudah Sejauh Man...
Metro20 Juni 2024 22:53
PJ Sekda Makassar Resmi Buka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ajak Masyarakat Jaga Bumi
Pedomanrakyat.com, Makassar – PJ Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra mengajak masyarakat agar terus menjaga bumi dan lingkungan alam sekitar....