Tolitoli Sulteng Tutup Total Seluruh Akses Transportasi Masuk-Keluar

Editor
Editor

Minggu, 29 Maret 2020 13:56

int
int

Pedoman Rakyat, Sulteng – Pemerintah Kabupaten Tolitoli, Sulteng, menutup total seluruh akses transportasi masuk dan keluar di daerah perbatasan Sulteng-Gorontalo itu, guna mencegah penyebaran Virus Korona atau Covid-19 setelah dua pasien di Sulteng dinyatakan positif korona.

“Akan kita berlakukan mulai Senin (30/3), pukul 00.00 Wita selama 14 hari ke depan,” kata Bupati Tolitoli Mohammad Saleh Bantilan.

Dia mengatakan tindakan itu dilakukan sebagai langkah preventif sebelum warganya terjangkit virus corona baru itu.

Jangan nanti terjangkit baru ambil tindakan, itu keliru. Kita harus berani ambil tindakan sebelum warga terjangkit,” katanya.

Dia mengatakan penutupan akses tersebut dilakukan di darat, laut, dan udara. Di darat Tolitoli berbatasan dengan Kabupaten Donggala bagian selatan, di bagian timur berbatasan dengan Parigi Moutong, dan bagian utara berbatasan dengan Gorontalo.

Daerah itu juga memiliki akses pelabuhan laut di Dermaga Pelabuhan Dede untuk kapal penumpang dan barang.

Saleh mengatakan arus orang sama sekali tidak diizinkan masuk kecuali barang, khususnya sembako, yang itu pun melalui pemeriksaan ketat dan penyemprotan desinfektan.

“Barang dari kapal boleh diturunkan tetapi penumpang tidak boleh turun,” katanya.

Di Bandara Lalos, kata Saleh, jadwal penerbangan hanya boleh dua kali sepekan dan seluruh penumpang dipastikan sudah steril dari gejala umum COVID-19.

Dia sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI serta Satuan Polisi Pamong Praja untuk menjaga seluruh pintu masuk dan keluar Tolitoli. (map)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik17 April 2024 20:53
Rekomendasi Rakorda, 23 DPC Demokrat Sepakati Ni’matullah Calon Gubernur Sulsel
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Hot...
Nasional17 April 2024 17:38
Banjir Bandang Terjang Musi Rawas Utara Sumsel
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan dua orang warga di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Sel...
Nasional17 April 2024 17:31
Gunung Ruang Sulut Meletus, 828 Warga Dievakuasi
Pedomanrakyat.com, Sulut – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 828 warga dievakuasi imbas Gunung Api Ruang, Kabupat...
Metro17 April 2024 17:19
Danny Pomanto Hadiri Sertijab Pangdivif 3/Kostrad, Perkuat Kolaborasi Jaga Ketahanan Pangan
Pedomanrakyat.com, GOWA,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menghadiri upacara serah terima jabatan Panglima TNI Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 K...