WNA Iran Bikin Onar di Sulsel, Bakar Rudenim Parepare dan Kabur ke Pangkep

Jennaroka
Jennaroka

Minggu, 30 Mei 2021 15:52

WNA Iran Bikin Onar di Sulsel, Bakar Rudenim Parepare dan Kabur ke Pangkep

Pedoman Rakyat, Parepare – Ramin Poorhimanta, pria 39 tahun yang merupakan WNA asal Iran, akhirnya dibekuk petugas di Kabupaten Pangkep.

Sebelumnya Ramin dinyatakan masuk sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) Rudenim Parepare. Pengungsi asal Iran ini kabur usai membakar salah satu ruangan di kantor Redunim Parepare, Jumat (28/5/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkunham Sulsel, Dodi Karnida mengatakan, saat diamankan Ranim ternyata berada di salah satu rumah penduduk di Jalan Andi Makkuraga Timur, Kabupaten Pangkep, dan berhasil diamankan pada Sabtu (29/5/2021) kemarin.

Selain Ramin, tim juga berhasil mengamankan Naseer Ghanbari Damirchi (44), yang merupakan juga pencari suaka asal negara Iran.

“Pengakuaannya rumah itu merupakan rumah teman wanitanya, mereka semua pengungsi asal Iran,” kata Dodi dalam keterangannya, Minggu (30/5/2021).

Sebelum melarikan diri, Ramin didetensi di Rudenim Kanim Parepare, karena statusnya sebagai pengungsi. Namun saat itu (27/5/2021) didapati berada di rumah teman wanitanya inisia MH (41) di Kota Parepare tanpa memegang izin dari pengawas keberadaan dan kegiatan pengungsi yaitu Kepala Rudenim Makassar.

“Perihal kebakaran yang diduga dilakukan oleh Ramin, kami telah berkoordinasi dengan Polres Parepare untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tegas Dodi.

Dodi menambahkan bahwa kedua pengungsi tersebut telah dipindahkan ke Redunim Makassar. Untuk memudahkan koordinasi dengan pihak United Nation High Commissioners for Refugee (UNHCR) dan International Organisation for Migration (IOM) di Makassar.

“Berdasarkan informasi dari pihak IOM, Ramin adalah salah satu pengungsi yang menjadi perhatian, karena kondisi kejiwaannya, juga kami memang dapati beberapa obat penenang dan anti depresi saat penggeledahan,” pungkas Dodi.

Penulis : Reza

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal15 Juni 2021 20:31
Sakit Hati, Karyawan Indomaret di Makassar Bakar Toko dan Curi Uang
Sakit Hati, Karyawan Indomaret di Makassar Bakar Toko dan Curi Uang...
Metro15 Juni 2021 19:25
Disdik Makassar Jamin PPDB Online 2021 Lancar
Disdik Makassar Jamin PPDB Online 2021 Lancar...
Nasional15 Juni 2021 18:30
BPS: Ekspor Pertanian Januari-Mei 2021 Naik 13,39 Persen
BPS: Ekspor Pertanian Januari-Mei 2021 Naik 13,39 Persen ...
Ekonomi15 Juni 2021 17:04
Permintaan Luhut: Kita Jangan Marah-marah Terus Sama China
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar jangan terus marah-marah soa...