Wujudkan Makassar Kota Metaverse, Camat Edward Lahirkan 2 Inovasi

Editor
Editor

Sabtu, 19 Maret 2022 23:39

Wujudkan Makassar Kota Metaverse, Camat Edward Lahirkan 2 Inovasi

Pedomanrakyat.com, Makassar – Melahirkan sebuah inovasi untuk kepentingan rakyat adalah hal sangat luar biasa yang dilakukan oleh pemerintah.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Camat Tamalate, Edwar Supriawan, Jumat (18/3/2022).

Dalam paparannya di Rapat Kordinasi Khusus (Rakorsus) 2022 yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, di Hotel Four Points by Sheraton, Selasa (15/3/2022).

Camat tamalate ini memaparkan inovasi yang ia lahirkan dengan nama sipakatau dan akkareso

“Pemerintah Kecamatan Tamalate telah melahirkan inovasi dengan nama Sipakatau, nama ini berasal dari Bahasa Daerah makassar yang mempunyai arti filosofi, yakni memanusiakan manusia. Sipakatau ini adalah kepanjangan dari Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Kecamatan dan Kelurahan. Ini sebuah sistem informasi yang dibangun untuk memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dengan pemerintah Kecamatan Tamalate, bukan hanya itu saja, semua layanan informasi, layanan publik yang berbasis online sampai iklan UMKM yang berkedudukan di Kecamatan Tamalate, bisa didapatkan di sistem informasi yang bernama sipakatau ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam paparannya mengatakan selain Sipakatau, Kecamatan Tamalate juga mempunyai inovasi dengan nama Akkareso.

“Selain Sipakatau Kami juga mempunyai inovasi dengan nama Akkareso, inovasi ini dibuat untuk memudahkan pemerintah Kecamatan Tamalate dalam mendata wajib retribusi dan memudahkan masyarakat untuk membayar retribusi sampah di kecamatan Tamalate, kedua inovasi ini lahir berdasarkan dari hasil analisis kami atas permasalahan-permasalahan yang sering muncul, inovasi ini adalah solusi dari permasalahan yang sering kali timbul,” jelasnya.

Lanjut Bang Edo, sapaan akrab Camat Tamalate ini mengatakan, kata Sipakatau dan Akkareso mempunyai arti yang sangat mendalam. Inovasi ini memang betul betul disiapkan untuk masyarakat.

“Penamaan inovasi ini juga adalah sebagai bagian dalam upaya melestarikan budaya kota makassar yang dimana kita ketahui bersama bahwa artikulasi dari kata Sipakatau dan Akkareso mempunyai arti yang sangat mendalam, olehnya itu penamaan sampai pemanfaatan inovasi ini memang betul betul kami siapkan untuk masyarakat,” ungkapnya.

Selain inovasi yang dilahirkan oleh alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) ini, Ia ternyata sangat merespon perkembangan era digital termasuk rencana walikota makassar dalam menuju kota makassar METAVERSE.

Terlihat Edward juga sudah mempunyai konsep terkait Metaverse yang rencananya akan dia uji cobakan di Kecamatan Tamalate.

“Merespon perkembangan era digitalisasi dan rencana bapak Wali Kota Makassar dalam menuju Kota Makassar Metaverse, saya bersama tim ahli saya sudah membuat konsep Metaverse yang dimana nantinya akan kami uji cobakan di Kecamatan Tamalate,” tutupnya.

 

 Komentar

Berita Terbaru
Politik17 April 2024 20:53
Rekomendasi Rakorda, 23 DPC Demokrat Sepakati Ni’matullah Calon Gubernur Sulsel
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Hot...
Nasional17 April 2024 17:38
Banjir Bandang Terjang Musi Rawas Utara Sumsel
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan dua orang warga di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Sel...
Nasional17 April 2024 17:31
Gunung Ruang Sulut Meletus, 828 Warga Dievakuasi
Pedomanrakyat.com, Sulut – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 828 warga dievakuasi imbas Gunung Api Ruang, Kabupat...
Metro17 April 2024 17:19
Danny Pomanto Hadiri Sertijab Pangdivif 3/Kostrad, Perkuat Kolaborasi Jaga Ketahanan Pangan
Pedomanrakyat.com, GOWA,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menghadiri upacara serah terima jabatan Panglima TNI Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 K...