Wujudkan Masyarakat Sehat saat Pandemi Covid-19, Puskesmas Pamantauang Pangkep Optimalkan Penyuluhan dan Tracing

Nhico
Nhico

Sabtu, 09 Oktober 2021 07:19

Penangungjawab Surveilans Puskesmas pamantauang Asrul Harjuna SKM, bersama rekanya.
Penangungjawab Surveilans Puskesmas pamantauang Asrul Harjuna SKM, bersama rekanya.

Pedoman Rakyat, Pangkep – Dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat ditengah pandemi Covid-19, Puskesmas Pamantauang Desa Pammas, Kecamatan Liukang Kalmas, Pangkep Sulsel, mengoptimalkan penyuluhan. Dengan demikian upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 bisa lebih maksimal.

Sebagai garda depan penanganan Covid-19, tenaga kesehatan di Puskesmas Pamantauang terus mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan (Prokes). dengan cara terus melakukan penyuluhan atau edukasi masyarakat patuh pada prokes Covid-19

Sponsored by ADVERTNATIVE

Penangungjawab Surveilans Puskesmas pamantauang Asrul Harjuna SKM, menjelaskan, upaya pendisiplinan protokol kesehatan harus terus ditingkatkan walaupun saat ini kasus covid-19 menurun.

 

“Untuk itu kami tenaga kesehatan terus memberikan penyuluhan kesehatan, tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dengan 5M, yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Membatasi Mobilitas dan Interaksi,” paparnya, Sabtu (9/10/2021).

Dalam penyuluhan yang dilakukan Asrul, Masyarakat diajari untuk Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan menggunakan air Mengalir dan Penggunaan Masker yang benar.

“Dengan penyuluhan tersebut, diharapkan derajat kesehatan masyarakat meningkat, kemudian disisi lain masyarakat turut serta dalam mencegah Penularan Virus Covid-19,” ungkap pria asal sinjai ini.

Lebih lanjut kata Asrul, Dengan dilaksanakanya penyuluhan secara maksimal ditengah masyarakat selama ini, diharapkan kedisiplinan masyarakat Desa Pammas, kecamatan Liukang Kalmas pada khususnya dan Kabupaten Pangkep pada umumnya semakin Patuh terhadap Protokol Kesehatan melalui Penerapan 5M.

“saya mengajak masyarakat, agar penerapan protokol kesehatan terus dilaksanakan, dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, khusus di wilayah kerja puskesmas pamantauang Desa Pammas,” ajak Asrul.

Selain memaksimalkan penyuluhan, kepatuhan penerapan protokol kesehatan, program vaksinasi, dan Upaya pemutusan rantai Covid-19 dengan tracing (pelacakan) terus diupayakan Puskemas Pamantauang.

“Upaya menelusuri kontak erat pasien terkonfirmasi positif jadi kunci agar kasus positif bisa ditemukan lebih cepat. Maka dari itu saat ini kita menggenjot dari sisi tracing, terhadap satu kasus positif yang saat ini kami tangani,” ungkapnya.

“Kita sedang menggalakkan pelacakan kontak erat, karena itu merupakan kunci untuk menemukan kasus lebih awal. Agar pasien segera diisolasi atau karantina sehingga tidak terjadi penyebaran secara luas,” jelasnya.

Untuk diketahui bersama Puskesmas Pamantauang selama 2021 sudah menangani 4 kasus positif. Dan saat ini ada 1 kasus positif yang masih ditangani.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah25 Oktober 2021 12:22
Panen Raya di Pangkep, Bupati Yusran: Produksi Pertanian Meningkat, Petani Sejahtera
Pedoman Rakyat, Pangkep – Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menghadiri panen raya padi di Kampung Biring Ere, Desa Panaikang, Kecama...
Nasional25 Oktober 2021 12:13
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat: Perjuangan Masyarakat Adat, Perlu Dukungan Semua Pihak
Pedoman Rakyat, Palopo – Seringkali hak-hak masyarakat adat terabaikan di tengah proses pembangunan. Karena itu diperlukan undang-undang yang be...
Metro25 Oktober 2021 11:43
Walikota Danny Pomanto Pastikan Bangun Sport Center Standar Internasional di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Walikota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri sekaligus menutup secara resmi Basketball Championship Waliko...
International25 Oktober 2021 11:33
Di Cina! Sekolah Dilarang Beri PR Terlalu Berat Pada Siswa, Bagaimana Indonesia?
Pedoman Rakyat, China mengesahkan undang-undang yang mengatur sekolah untuk tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang terlalu berlebihan pada siswa. ...