10 Alasan Susah ‘Move On’ dari Mantan Usai Putus Cinta

Editor
Editor

Minggu, 28 Juni 2020 20:10

10 Alasan Susah ‘Move On’ dari Mantan Usai Putus Cinta

Pedoman Rakyat Putus cinta adalah salah satu fase menyakitkan dalam hidup. Rasa sakit karena kehilangan orang yang dicintai tentu bukanlah hal yang diinginkan. Sebagian orang cenderung kesulitan untuk melupakan mantan kekasih usai putus atau bercerai.

Dalam banyak kasus, penyebab susah move on karena belum sepenuhnya menghilangkan semua hal yang berkaitan dengan mantan kekasih.

Terlebih, hubungan yang terjalin intens itu menimbulkan rasa kehilangan yang amat dalam. Maka tak heran orang yang baru putus masih akan selalu ingin tahu atau ikut campur soal kehidupan sang mantan kekasih. Padahal keduanya jelas bukan hal yang sehat untuk dilakukan.

Menjalani hari-hari usai putus cinta bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama ketika ada faktor lain yang membuatnya lebih sulit untuk move on.

Setidaknya, ketahui penyebab yang menghalangimu move on sehingga kamu bisa cepat melupakannya dan menjalani hidup dengan lebih baik.

Berikut 12 alasannya:

1. Dia adalah cinta pertama

Banyak orang bilang bahwa cinta pertama tak akan bisa dilupakan. Mungkin hal itu bisa jadi benar. Sebabnya, itu adalah momen pertama kalinya kamu merasa dicintai dan diinginkan untuk pertama kalinya.

Pun dengan rasa sakit usai putus cinta juga bakal menjadi hal baru bagimu. Tak heran, akan butuh waktu cukup lama untuk melupakan semua memori itu.

2. Belum ada kata pisah

Keputusan untuk putus tidak terjadi begitu saja tanpa ada kalimat perpisahan, meski salah satu atau kedua belah pihak yakin untuk tak lagi bersama. Tetapi ketika hubungan berakhir tanpa kalimat perpisahan bisa menjadi akhir yang menggantung.

Kalimat perpisahan menandakan hubungan sudah final, dan itu sangat penting untuk mengakhiri sebuah hubungan.

3. Terjebak nostalgia

Tak bisa dimungkiri, menghabiskan banyak waktu dan menciptakan momen bahagia bersama mantan kekasih bukanlah hal yang mudah dilupakan. Namun jangan terus-menerus terkungkung mengingat masa-masa indah dan meyakini bahwa kamu tak akan menemukan orang lain sesempurna dirinya.

Cobalah singkirkan semua yang bisa membangkitkan kenangan masa lalu, seperti foto, video, barang-barang pemberiannya, bahkan history percakapanmu. Itu semua akan menyiksa mental dan batin sehingga membuatmu susah melupakannya.

4. Pura-pura bahagia

Menunjukkan susah payah bahwa kamu baik-baik saja tak akan menyelesaikan masalah. Sedih karena putus cinta adalah hal yang wajar. Setiap orang memiliki toleransi waktu yang berbeda-beda untuk menyembuhkan luka. Tak perlu menyembunyikan rasa sakit. Biarkan semuanya keluar dan berlalu.

Luapkan dengan menangis, bercerita dengan keluarga atau sahabat bisa membantu meringankan beban emosionalmu. Jika kamu terburu-buru dan memaksakan diri, kamu akan menjadi lebih sedih dan susah berpikir positif.

5. Terus stalking media sosialnya

Stalking akun media sosialnya karena penasaran tidak akan membantumu melewati masa move on. Justru dengan menguntitnya hanya akan menambah rasa sakit hati dan cemburu. Apalagi jika kamu tahu dia telah bersama orang lain.

Batasi dirimu untuk tidak stalking apa pun yang berkaitan dengan mantan. Blokir media sosial dan nomor teleponnya sementara waktu bisa sangat membantu memulihkan perasaanmu.

6. Berada dalam lingkaran sosial yang sama

Memiliki teman yang sama dapat membuat proses move on menjadi lebih sulit. Semakin lama hubungan kalian berjalan, semakin banyak pula memiliki teman yang sama. Teman-teman kadang tak menyadari mengasosiasikan dirimu dengan sang mantan–di mana ada kamu, pasti ada dia.

Belum lagi jika kalian masih sering berkumpul dan bertemu satu sama lain. Kurangi intensitas komunikasi dan pertemuan yang bisa membuatmu semakin sulit melupakannya.

7. Masih kangen

Cinta memang candu. Perasaan yang intens akan sulit disingkirkan atau dibiarkan memudar. Kamu terjebak dengan perasaan yang menginginkannya kembali. Itu menjadi pencetus kamu menyesali perpisahan itu dan akan melakukan apa saja untuk merasa seperti itu lagi terlepas dari keburukan yang datang bersama yang baik.

8. Tak percaya diri

Salah satu perasaan yang menghantui ketika putus adalah membayangkan bakal tidak menemukan orang yang tepat. Kamu terlalu takut untuk menjadi pribadi seperti semula tanpa sang mantan. Kamu juga cemas jika menjadi sendirian tanpanya sehingga semakin sulit untuk membiarkan dia pergi.

9. Menyalahkan diri sendiri

Perpisahan adalah kesempatan untuk belajar lebih memahami diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa. Namun sayangnya, kebanyakan orang sulit memahami hal tersebut dan lebih mengutamakan rasa sakitnya, sehingga yang muncul hanya ego dan menyalahkan diri sendiri.

Percayalah, terus-terusan menyalahkan diri sendiri maupun orang lain tidak membantumu memperbaiki keadaan. Segera lakukan hal yang positif dan mulai berdamai dan belajarlah mencintai diri.

10. Hubungan telah berlangsung lama

Durasi menjalin hubungan percintaan juga menentukan seseorang bisa melupakannya dengan cepat atau tidak. Semakin lama hubungan berjalan, kecenderungannya semakin sulit untuk dilupakan. Hal ini juga ada hubungannya dengan kebiasaan. Kamu telah terbiasa segala sesuatu dilakukan bersamanya.

 

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional12 Juni 2024 21:52
Gelar PSU Usai Putusan MK, KPU Rekrut KPPS Lagi
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan bakal kembali membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ...
Ekonomi12 Juni 2024 20:50
Capai Usia ke 21 tahun, Kalla Translog Prioritaskan Funtastic Four
Pedomanrakyat.com, Makassar – Kalla Transport & Logistics (Translog) mengadakan acara syukuran, pengajian dan donor darah dalam rangka mempe...
International12 Juni 2024 19:52
Duh! Lukisan Raja Charles III Dirusak, Serangan Aktivis Pecinta Hewan
Pedomanrakyat.com, Inggris – Dunia seni lagi heboh dengan isu vandalisme terhadap lukisan-lukisan di berbagai museum. Baru-baru ini, lukisan pot...
Ekonomi12 Juni 2024 19:32
Tok! Seleksi CPNS Bakal Dibuka Juli
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) termasuk CPNS dan PPPK 2024 diprediksi mundur dari target penyelenggaraa...