3 Kadis di Pangkep Luncurkan Inovasi, Wabup Syahban Sammana: Jangan Hanya Sekedar Seremoni, Tapi Wajudkan dengan Kegiatan

Nhico
Nhico

Rabu, 19 Juni 2024 23:05

Wabup Pangkep Syahban Sammana.
Wabup Pangkep Syahban Sammana.

Pedomanrakyat.com Pangkep – Tiga kepala dinas Pangkep luncurkan inovasi.

Kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil(Disdukcapil), Arisal Hasan dengan inovasi Layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil terpadu lintas sektoral(Disdukpedia). Kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa(DMPD), Djajang dengan inovasi Kolaborasi fasilitasi pemberdayaan masyarakat turunkan kemiskinan di desa(Kassaki). Kepala dinas penanaman modal, pelayanan terpadu satu pintu(DPMPTSP), Sulfida dengan inovasi Gerai pelayanan perijinan(Gerapari).

Ketiga Kadis yang meluncurkan inovasi proyek perubahan saat ini menjalani Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) angkatan V LAN Makassar.

Peluncuruan inovasi dilakukan oleh wakil bupati Pangkep, Syahban Sammana saat upcara hari Kesadaran Nasional di halaman kantor sekretariat daerah kabupaten Pangkep, Rabu(19/6/24).

Wakil bupati Pangkep, Syahban Sammana menyampaikan agar peluncuran inovasi bukan sekadar seremoni tapi, paling penting diwujudkan dengan kegiatan.

“Aksi Inovasi ini juga untuk menunjang pembangunan di Pangkep. Tentu saya berterima kasih atas inovasi-inovasi baik peserta PKN maupun PKA, Sukses semua, ” katanya.

Kepala DPMPTSP, Sulfida selaku reformer inovasi Gerapari menyampaikan, dengan inovasi Gerapari memudahkan masyarakat untuk membuat ijin penerbitan NIB.

“Masyarakat yang ada di pesisir, pegunungan maupun kepulauan tidak lagi ke MPP untuk membuat NIB, tapi cukup ke kelurahan, desa dan kecamatan”, jelasnya.

Kepala Disdukcapil, Arisal Hasan menjelaskan, dengan Inovasi Disdukpedia pihaknya akan berkolaborasi dengan lembaga vertikal, Kemenag, Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri untuk mengintegrasikan layanan publik dengan layanan kependudukan.

“Jadi nantinya, dengan Kemenag begitu masyarakat menikah dan menerima buku nikahnya pada saat itu dokumen kependudukan KTP dan KK langsung diterima. Begitupun dengan pengadilan agama, saat penyerahan akta cerai, saat itu dokumen kependudukan dengan status cerai hidup langsung disershkan juga”, jelasnya.

Kepala DPMD, Djajang menjelaskan, Inovasi Kassaki adalah cara mengajak semua pihak melakukan pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dan holistik.

“Dengan adanya Kassaki, diharapkan angka kemiskinan di Pangkep dapat turun secara signifikan”, katanya.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro24 Juli 2024 15:19
Waka DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif Hadiri Munas II ADPSI-ASDEPSI 2024
Pedomanrakyat.com, Jambi – Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif menghadiri acara Musyawarah Nasional II Asosiasi DPRD Provinsi Se...
Metro24 Juli 2024 15:09
Disperindag Ikut Sukseskan Event F8 dengan Inovasi GOO Makassar
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Makassar akan turut menyukseskan event Makassar Internation...
Metro24 Juli 2024 14:15
Fahruddin Rangga Sebut RPJPD 2025-2045 Jadi Acuan Kepala Daerah Terpilih
Pedomanrakyat.com, Makassar – DPRD Sulawesi Selatan melaksanakan rapat kerja pansus dalam rangka pembahasan terhadap ranperda tentang rencana pe...
Metro24 Juli 2024 14:01
ASA Tebus Ijazah Warga di Ballaparang, Noorhidayah: Beliau Peduli-Mampu Memimpin
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon Wali Kota Makassar Andi Seto Asapa mendadak mendatangi kediaman Noorhidayah (54) di Ballaparang, Rappo...