4 Faktor Menyebabkan Perut Membuncit dan Cara Mengecilkannya

Editor
Editor

Minggu, 03 Januari 2021 11:29

Ilustrasi
Ilustrasi

Pedoman Rakyat – Munculnya lemak perut biasa menjadi penanda bertambahnya berat badan pada diri seseorang. Membesarnya bagian perut ini merupakan salah satu hal yang paling mudah dikenali dan ditandai ketika seseorang bertambah berat badan.

Membesarnya perut ini biasanya sangat sulit untuk kembali dikecilkan dan bisa terjadi karena beberapa hal. Penyebab yang berbeda juga dapat menyebabkan bentuk perut yang berbeda pula. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah penyebab yang bisa membuat perut membuncit.

1. Perut Stres

Stres merupakan masalah yang banyak terjadi pada saat ini, sehingga membuncitnya perut gara-gara stres bukanlah hal yang aneh. Lemak perut yang muncul karena stres ini biasa terpusat pada bagian pusar dan sangat sulit untuk dikecilkan.

Hal ini juga bisa muncul karena dipicu oleh makan tidak teratur, terlalu banyak kopi, sulit buang air besar, kebiasaan mengonsumsi makanan tak sehat, serta stres kronis. Memadukan stres dengan salah satu penyebab lainnya bisa membuat kamu lebih mudah mengalami kondisi ini.

Kurang tidur dan bertambahnya pekerjaan merupakan salah satu penyebab umum munculnya stres. Jadi hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatasi dua masalah itu. Selain itu, batasi juga konsumsi kopimu sehari-hari serta jangan berolahraga berlebihan karena bisa meningkatkan produksi hormon stres di tubuh.

2. Perut usai melahirkan

Perut membuncit usai melahirkan merupakan salah satu hal yang paling banyak terjadi. Hal ini biasanya terjadi karena ibu yang usai melahirkan tidak banyak memberi waktu untuk diri sendiri atau malah mulai melakukan olahraga terlalu dini.

Agar terhindar dari masalah ini, sebaiknya istirahat berolahraga beberapa bulan terlebih dahulu usai melahirkan. Selain itu konsumsi ikan, kacang-kacangan, minyak sayur, dan buah zaitun dalam menu makanmu.

3. Perut Kembung

Masalah perut membuncit satu ini sifatnya lebih sementara dibanding yang lainnya. Perut kembung ini biasa muncul karena makan berlebih atau adanya masalah pencernaan. Jika hal ini terjadi karena makananmu, biasanya terdapat dua penyebab utama yaitu makan tak teratur serta makan terlalu malam.

Karena sifatnya yang sementara, masalah ini juga bisa diselesaikan dengan cukup mudah. Perhatikan pola makanmu agar masalah ini tak terjadi dan cepat sirna.

4. Perut Menopause

Bertambahnya berat badan merupakan salah satu efek yang biasa muncul dari menopause. Perubahan hormon bisa memicu meningkatnya berat badan yang biasanya sudah mulai terjadi sejak beberapa tahun sebelum menopause.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus memperhatikan kebiasaan tidur dan makan sehari-hari. Selain itu juga jangan lewatkan untuk melakukan olahraga ringan secara rutin sehari-hari.

 Komentar

Berita Terbaru
NasDem Sulsel Kirim Bantuan Bagi Korban Gempa Majene dan Mamuju Sulbar
Politik17 Januari 2021 23:38
NasDem Sulsel Kirim Bantuan Bagi Korban Gempa Majene dan Mamuju Sulbar
Jadi nanti, Insyaallah, setiap kabupaten yang dilewati itu ada truk berikutnya. Nanti itu titik kumpulnya di Kabupaten Pinrang, lalu sama-sama menuju ...
Warga Panik, Toko Risma di Takalar Sulsel Diteror Bom
Hukum/Kriminal17 Januari 2021 23:02
Warga Panik, Toko Risma di Takalar Sulsel Diteror Bom
Surat tersebut berisi nada anacaman dan disebut diletakkan bom jenis Nitrogen yang menggunakan waktu dan bisa diledakkan melalui alat pengontrol denga...
Selain Salurkan Bantuan, FKIP Unismuh Makassar Siapkan Program Khusus Mahasiswa yang Terdampak Gempa
Metro17 Januari 2021 22:46
Selain Salurkan Bantuan, FKIP Unismuh Makassar Siapkan Program Khusus Mahasiswa yang Terdampak Gempa
"Selain menggalang bantuan, kami juga sedang mengidentifikasi sasaran penyaluran bantuan, di Sulbar, kami tentu akan bersinergi dengan relawan Muhamma...
Gubernur Sulsel Nurdin Siapkan Rumah Sakit Penyangga untuk Korban Gempa di Sulbar
Metro17 Januari 2021 17:38
Gubernur Sulsel Nurdin Siapkan Rumah Sakit Penyangga untuk Korban Gempa di Sulbar
Nurdin mengaku, setelah mendapatkan informasi kondisi gempa bumi di Sulbar, langsung berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder yang ada. ...