5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Muh Saddam
Muh Saddam

Selasa, 31 Januari 2023 08:12

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Pedomanrakyat.com, Makassar – Lidah buaya memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Pasalnya, lidah buaya atau Aloe vera ini, mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, enzim, mineral, serta antioksidan.

Maka tak heran jika tanaman ini digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, mulai dari penyakit kulit hingga sembelit.

Lidah buaya diketahui berkhasiat bagi kulit, sehingga sering digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan.

Selain itu, manfaat lidah buaya untuk kulit juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk makanan maupun minuman.

Berikut, manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kuli menurut alodokter.

1. Melembapkan Kulit

Apa pun jenis kulit Anda, pelembap tetap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan kalsium dan antioksidan dalam lidah buaya diketahui dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan luka adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit wajah yang sudah dibersihkan.

Biarkan gel lidah buaya hingga mengering selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

3. Menghaluskan Kulit

Kulit halus juga menjadi salah satu menfaat lidah buaya untuk wajah yang bisa Anda dapatkan. Pembelahan sel-sel keratinosit tidak hanya mampu mempercepat penyembuhan luka.

Namun juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati untuk digantikan dengan sel kulit baru yang sehat dan kuat.

4. Menangkal Serangan Radikal Bebas

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus.

5. Meredakan Radang dan Gatal

Daun lidah buaya memiliki sifat antiradang dan antimikroba. Kedua sifat tersebut diketahui dapat meredakan berbagai keluhan pada kulit, seperti jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, dan psoriasis.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional12 Juni 2024 21:52
Gelar PSU Usai Putusan MK, KPU Rekrut KPPS Lagi
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan bakal kembali membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ...
Ekonomi12 Juni 2024 20:50
Capai Usia ke 21 tahun, Kalla Translog Prioritaskan Funtastic Four
Pedomanrakyat.com, Makassar – Kalla Transport & Logistics (Translog) mengadakan acara syukuran, pengajian dan donor darah dalam rangka mempe...
International12 Juni 2024 19:52
Duh! Lukisan Raja Charles III Dirusak, Serangan Aktivis Pecinta Hewan
Pedomanrakyat.com, Inggris – Dunia seni lagi heboh dengan isu vandalisme terhadap lukisan-lukisan di berbagai museum. Baru-baru ini, lukisan pot...
Ekonomi12 Juni 2024 19:32
Tok! Seleksi CPNS Bakal Dibuka Juli
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) termasuk CPNS dan PPPK 2024 diprediksi mundur dari target penyelenggaraa...