7 Nama Calon Hakim Agung Disahkan DPR, Ini Orang-orangnya

A. Zafran
A. Zafran

Selasa, 21 September 2021 17:05

7 Nama Calon Hakim Agung Disahkan DPR, Ini Orang-orangnya

Pedoman Rakyat, Jakarta – Rapat paripurna DPR RI mengesahkan 7 calon hakim agung (HCA) hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR. Ketujuh orang tersebut dipilih dari 11 calon yang dikirim Komisi Yudisial (KY) ke DPR RI pada Jumat (17/9/2021).

“Sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah hasil laporan Komisi III DPR terhadap uji kelayakan calon Hakim Agung tahun 2021 tersebut dapat disetujui,” kata Wakil Ketua DPR selaku pimpinan sidang, Sufmi Dasco Ahmad di Ruang Paripurna DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/9/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Dasco lalu memanggil 7 CHA tersebut untuk maju ke podium dan berfoto bersama pimpinan DPR.

“Kami perkenalkan calon hakim agung yang akan kami sebutkan namanya untuk berdiri dan selanjutnya maju ke depan untuk foto bersama,” kata Dasco.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR Herman Herry mengatakan, proses pemilihan calon Hakim Agung tersebut dilakukan secara profesional dan transparan. Hal itu bertujuan agar para calon hakim agung yang dipilih adalah yang kredibel dan berintegritas.

“Seperti bisa kita pantau bersama, Komisi III telah melaksanakan proses fit and proper test secara transparan dan bisa disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia,” kata Herman usai Rapat Komisi III DPR.

Politikus PDI Perjuangan itu menyampaikan, hasil ini merupakan kesepakatan dari seluruh fraksi yang ada di Komisi III. Setiap Fraksi memiliki hak yang sama dalam menyetujui atau menolak Calon Hakim Agung.

Berikut calon Hakim Agung yang disepakati pada Tingkat I di Komisi III DPR dan selanjutnya akan disampaikan pada Rapat Paripurna:

1. H Dwiarso Budi Santiarto, SH, MHum (sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

2. Jupriyadi, SH, MHum (sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

3. Dr Prim Haryadi, SH, MH (sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

4. Suharto, SH, MHum (sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

5. Yohanes Priyana, SH, MH (sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

6. Dr H Haswandir, SH, MHum, MM (sebagai Calon Hakim Agung Kamar Perdata)

7. Brigjen TNI Dr Tama Ulinta Br Tarigan, SH, MKn (sebagai Calon Hakim Kamar Militer)

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga25 Oktober 2021 01:41
Tambah Gila! Manchester United Hancur Lebur di Old Trafford, Setelah Dipermalukan Liverpool 5-0
Pedoman Rakyat, Inggris – Manchester United benar-benar hancur lebur. Setan Merah dipermalukan seteru klasiknya, Liverpool, dengan skor 0-5 pada...
Olahraga25 Oktober 2021 01:07
Laga El Clasico Milik Real Madrid, setelah Los Blancos Bekuk Barcelona di Camp Nou 2-1
Pedoman Rakyat, Spanyol – Laga El Clasico jilid pertama musim 2021/22 resmi menjadi milik Real Madrid. Setelah Los Blancos sukses membekuk Bar...
Olahraga25 Oktober 2021 00:56
Gila! Liverpool Bantai Manchester United 4-0 di Babak Pertama
Pedoman Rakyat, Inggris – Manchester United untuk sementara tertinggal 0-4 dari Liverpool di babak pertama dalam partai pekan kesembilan Premier...
Hukum/Kriminal24 Oktober 2021 22:44
Mekanik Bengkel di Makassar Nyambi Jual Sabu, Begini Akibatnya
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang mekanik bengkel di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) terpaksa berurusan dengan polisi lantaran terlibat penya...