Alamsyah Ingatkan Panwascam di Bulukumba Jaga Transparansi Selama Tahapan Coklit

Muh Saddam
Muh Saddam

Sabtu, 06 Juli 2024 19:40

Anggota Bawaslu Sulawesi Selatan, Alamsyah
Anggota Bawaslu Sulawesi Selatan, Alamsyah

Pedomanrakyat.com, Bulukumba – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan Alamsyah, mendorong peningkatan keterbukaan informasi publik dalam proses pengawasan tahapan pemilihan serentak tahun 2024.

Hal ini disampaikannya kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Bulukumba saat melakukan monitoring dan evaluasi.

Dimana kegiatan ini sebagai bagian dari upaya untuk memastikan transparansi dan integritas dalam pelaksanaan pemilu.

Alamsyah mengatakan seluruh proses pengawasan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu ia juga memberika masukan terkait transparansi dan keterbukaan informasi publik dalam setiap tahapan yang dilakukan pengawas.

Ia juga menekankan pentingnya pengumuman dan publikasi hasil-hasil dari proses pengawasan, utamanya saat ini berjalan proses pencocokan dan penelitian (COKLIT) kepada masyarakat secara terbuka.

Menurutnya, keterbukaan informasi merupakan prinsip utama dalam menjaga kepercayaan publik terhadap integritas penyelenggaraan pemilu.

“Kami mengingatkan kepada seluruh Panwascam, termasuk di Kabupaten Bulukumba, untuk selalu menjaga transparansi dalam setiap tahapan COKLIT. Hal ini penting agar masyarakat dapat mengawasi dan memahami proses tersebut dengan baik,” ujar Alamsyah, Sabtu (6/7/2024).

Selain itu, Alamsyah juga menyoroti pentingnya penggunaan teknologi dan sistem informasi dalam mendukung keterbukaan informasi.

Olehnya itu, diharapkan setiap informasi terkait hasil COKLIT dapat diakses dengan mudah oleh publik, sehingga meningkatkan partisipasi dan pengawasan masyarakat terhadap proses pemilu.

“Maksimalkan pemanfaatan teknologi dan sistem informasi yang telah ada. Ini adalah ikhtiar kita dalam melaksanakan perintah undang-undang,” jelas Alamsyah.

Pertemuan antara Alamsyah dengan Panwascam Bulukumba ini diakhiri dengan kesepakatan untuk terus berkomunikasi dan berkoordinasi dalam menjaga keterbukaan informasi selama proses COKLIT berlangsung.

Bawaslu Bulukumba menyambut baik masukan dari Bawaslu Sulsel dan berkomitmen untuk melaksanakan tugas dengan penuh integritas dan transparansi.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah12 Juli 2024 21:28
Bimtek Pengelolaan Keuangan, Bupati Pangkep Yusran: Harus Ada Dampak Positifnya bagi Masyarakat!
Pedomanrakyat.com, Pangkep – Dinas kesehatan kabupaten Pangkep, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan. Bimtek melibatkan Di...
Daerah12 Juli 2024 21:11
Selain Pekan Panutan Pajak, Pemkab Pangkep Luncurkan ‘Tetaku Hebat’, Bupati Yusran: Tingkatkan Kesadaran Warga Bayar Pajak
Pedomanrakyat.com, Pangkep – Pemerintah kecamatan Pangkajene, menggelar Pekan Panutan Pajak. Pekan Panutan Pajak akan berlangsung selama sepek...
Politik12 Juli 2024 20:49
Sambil Berbagi Jumat Berkah, Tim Sosialisasikan Program Rusdin Abdullah di Pilwali Makassar
Pedomanrakyat.com Makassar – Bakal Calon Walikota Makassar, Rusdin Abdullah terus melakukan kegiatan Rutin Jumat Berkah, Kali ini melalui Timnya...
Metro12 Juli 2024 11:08
Keluarga Besar Majelis Taklim Mappanyukki Siap Berjuang-Menangkan Rusdin Abdullah Jadi Walikota Makassar
Pedomanrakyat.com, Makassar- Bakal Calon Walikota Makassar, Rusdin Abdullah melakukan kunjungan silaturahmi dengan majelis Taklim Mappanyukki. Saat ...