Banjir di China: 12 Orang Tewas, Ratusan Ribu Mengungsi, hingga Kerugian Ditaksir 11,3 Juta Dolar AS

Nhico
Nhico

Rabu, 21 Juli 2021 19:38

Banjir di China: 12 Orang Tewas, Ratusan Ribu Mengungsi, hingga Kerugian Ditaksir 11,3 Juta Dolar AS

Pedoman Rakyat, Chna-Hujan deras telah melanda provinsi Henan yang terletak sekitar 776 kilometer selatan ibukota Beijing. Hujan tersebut menyebabkan banjir dan di ibukota Zhengzhou, 12 orang dikabarkan tewas.

Musim hujan yang begitu aktif di provinsi Henan, dalam beberapa pekan terakhir telah menyebabkan sungai-sungai meluap. Biro meteorologi kota Zhengzhou mengatakan hujan deras masih akan berlangsung sampai Rabu malam (21/7), memperingatkan penduduk untuk tetap waspada.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Ratusan ribu penduduk terdampak banjir telah diungsikan ke tempat yang lebih aman. Warga juga diperingatkan bahwa sebuah bendungan di provinsi itu dikhawatirkan bisa jebol jika tak kuat menampung curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut.

Melansir laman The Guardian provinsi Henan telah mengalami hujan lebat sejak tanggal 17 Juli. Curah hujan di ibukota Zhengzhou mencapai titik tertinggi yakni air turun dari langit 20 centimeter per jam. Pemerintah setempat menaikkan level bencana darurat ke level 2.

Sungai-sungai yang meluap menenggelamkan jalanan dan sistem transportasi umum. Banyak penumpang kereta bawah tanah terjebak di air yang setinggi pinggang.

Otoritas provinsi Henan telah mengerahkan tim penyelamat untuk membantu menolong dan mengevakuasi para korban terdampak banjir. Melansir Xinhua, lebih dari 144.660 penduduk terdampak, diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Selain itu, banjir juga menghancurkan pertanian. Sebanyak 9.222 hektar tanaman rusak dan kerugian ekonomi ditaksir mencapai 11,3 juta dollar AS atau setara Rp164,5 miliar.

Banjir juga telah memutus aliran listrik di banyak rumah tangga di provinsi Henan. Banyak orang meminta bantuan secara daring karena terjebak air. Kuil Shaolin yang terkenal dengan seni bela diri dan situs budaya lainnya di Henan juga terkena dampak parah banjir.

Melansir laman Reuters, dampak banjir tersebut juga membuat bandara Zhengzhou menangguhkan sementara kereta bawah tanah dan kereta antar kota dari dan menuju bandara. Selain itu, bandara juga tak menerima kedatangan penerbangan pada Selasa (20/7) dari jam 8 malam sampai Rabu (21/7) jam 12 siang.

Provinsi Henan adalah salah satu provinsi terpadat di China. Jumlah penduduknya mencapai sekitar 94 juta jiwa. Selain 12 orang yang dikabarkan tewas di ibukota Zhengzhou dan ratusan ribu penduduk diungsikan, jutaan lainnya terkena dampak banjir, baik itu dalam skala berat atau pun ringan.

Otoritas China segera mengirimkan bala bantuan tim penyelamat. Komando pusat People’s Liberation Army (PLA), militer China, memperingatkan bahwa salah satu bendungan di Luoyang yang bernama bendungan Yihetan terancam jebol.

Melansir laman Al Jazeera, banjir telah menciptakan retakan di bendungan tersebut banjir sepanjang 20 meter. Militer mengatakan “pada tanggal 20 Juli, sebuah celah retakan sepanjang 20 meter terjadi di bendungan Yihetan, tepi sungai rusak parah dan bendungan itu bisa runtuh kapan saja.”

Seorang manajer restoran bernama Wang Guirong, di ibukota Zhengzhou mengaku bahwa “saya telah tinggal di Zhengzhou sepanjang hidup saya dan belum pernah melihat badai hujan yang begitu deras seperti hari ini.”

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga02 Agustus 2021 13:58
Masuk Final Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii Dapat Hadiah Sebidang Tanah
Pedoman Rakyat, Manado-Pasangan ganda putri badminton Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, sukses mencetak sejarah dengan lolos ke final Olim...
Nasional02 Agustus 2021 13:46
Hari Ini Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS dan CPPPK, Mau Tahu Namanya Lolos atau Tidak? Ayo Cek Disini
Pedoman Rakyat, Jakarta- Pendaftaran CPNS 2021 telah ditutup, bahkan Hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan pegawai pemerint...
Metro02 Agustus 2021 09:39
Innalillah, Mantan Sekretaris KPU Sulsel Annas GS Karaeng Jalling Meninggal Dunia
Innalillah, Mantan Ketua KPU Sulsel Annas GS Karaeng Jalling Meninggal Dunia...