Bareskrim Polri Selidiki Kasus 2 Juta Data Nasabah BRI Life yang Bocor

Nhico
Nhico

Rabu, 28 Juli 2021 12:05

Bareskrim Polri Selidiki Kasus 2 Juta Data Nasabah BRI Life yang Bocor

Pedoman Rakyat, Jakarta-Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) menyelidiki perkara dugaan kebocoran data nasabah BRI Life yang kemudian dijual secara online dalam sebuah forum.

Kebocoran data itu diketahui tersebar dalam sebuah cuitan yang dibagikan oleh akun twitter Under The Breach.

“Sedang dilidik Eksus,” kata Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto saat dikonfirmasi, Rabu (28/7/2021).

Perkara tersebut akan ditindaklanjuti oleh Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri. Agus belum dapat menjabarkan secara rinci mengenai dugaan awal data tersebut dapat tersebar di jagat maya.

Dia hanya menjelaskan bahwa pihak kepolisian mendalami dugaan pelanggaran pidana berkaitan dengan masalah perbankan. “Terkait perbankan. Data BRI Life, dugaannya kan dari sana,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Data tersebut diduga diperjual belikan oleh oknum tak bertanggung jawab secara online dengan harga yang fantastis. Kabar tersebut diungkapkan oleh akun Twitter bernama Under The Breach, ia menyebut jika ada dugaan kebocoran data.

Dalam keterangannya, akun tersebut mengungkapkan jika ada oknum yang menjual data BRI Life. “Kebocoran besar, pelaku menjual data sensitif dari BRI Life, perusahaan asuransi Bank Rakyat Indonesia. Dalam video, mereka mendemonstrasikan data besar yang mampu mereka dapatkan,” tulis akun Twitter @UnderTheBreach.

Lanjutnya ia juga mengklaim bahwa ada 250 GB data yang berhasil dibobol, yang didalamnya terdapat 2 juta data nasabah BRI Life dan juga 463 ribu dokumen.

Data-data tersebut dilaporkan dijual di dark web dengan harga permintaan USD 7.000 atau di kisaran Rp 101 juta.

Akun @UnderTheBreach menyebut bahwa hal ini diunggah langsung oleh si pelaku melalui video durasi 30 menit. “Kami mengidentifikasi beberapa kelemahan yang ada di komputer para karyawan BRI Life dan BRI yang membuat para peretas dapat menerobos akses perusahaan,” cuit @UnderTheBreach pada Selasa (27/7/2021).

Dari hasil tangkapan layar yang dibagikan @UnderTheBreach, ada beberapa data pribadi pengguna BRI Life yang berhasil bocor, di antaranya nomor KTP, nomor KK, nomor identifikasi soal pajak, foto akun bank, sertifikat lahir, sertifikat kematian, surat persetujuan, bukti transfer, bukti finansial, surat bukti kesehatan seperti ECG, diabetes, dan lain-lain.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal19 Januari 2022 18:13
Miris! Oknum Kanit Reskrim di Sulsel Terlibat Narkoba, Disuruh oleh Narapidana
Pedoman Rakyat, Luwu- Seorang oknum anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang menjabat sebagai Kanit Reskrim terpaksa berurusan dengan instan...
Metro19 Januari 2022 18:07
Jokowi Terbitkan Surat Pemberhentian Nurdin Abdullah dan Mengangkat Andi Sudirman sebagai Gubernur
Pedoman Rakyat Makassar – Presiden RI, Joko Widodo telah mengeluarkan surat pengesahan pemberhentian Gubernur Sulawesi Selatan Masa Jabatan Tahu...
Daerah19 Januari 2022 17:46
Bukan Dibobol Maling, Eh Ternyata Benda Sejarah di Museum Lapawawoi Bone Sulsel Diambil Ahli Waris
Pedoman Rakyat, Bone- Misteri hilangnya sejumlah benda-benda pusaka di Museum La Pawawoi, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) kini mulai menemui...
Nasional19 Januari 2022 17:36
Buat Gaduh di Grup WhatsApp, Sekjen Kemensos Diusir dari Ruang Rapat Komisi VIII DPR
Pedoman Rakyat, Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat meminta maaf buntut gaduh di grup percakapan WhatsApp dengan An...