Bus Wisata Metro Hadir di Makassar, Hasil Daur Ulang dari Mobil Sampah “Tangkasaki’

Editor
Editor

Kamis, 03 Desember 2020 19:17

Bus Wisata Metro Kota diresmikan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Pj Walikota Makassar Rudy Djamaluddin
Bus Wisata Metro Kota diresmikan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Pj Walikota Makassar Rudy Djamaluddin

Pedoman Rakyat, Makassar – Dalam rangka mendorong Kota Makassar menjadi Kota Wisata, Pemerintah Kota Makassar kini menghadirkan inovasi berbasis layanan transportasi yakni Bus Wisata Metro Kota yang resmi dilaunching oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di Anjungan Pantai Losari, Kamis (3/12/2020).

Bus ini sebelumnya adalah hasil recycle atau daur ulang dari mobil sampah Tangkasaki yang akan dioperasikan hari ini di Kota Makassar.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengapresiasi ide brilian dari jajaran pemerintah kota Makassar.

“Ini berkah bagi masyarakat kota Makassar. Ini ide sangat brilian. Biasanya mobil rongsokan dimusnahkan tapi ini bisa dimanfaatkan kembali dan hari ini kita membuktikan kita semua bisa menciptakan pemerintahan yang amanah, pemerintahan yang melayani dan betul-betul memiliki care yang tinggi,” kata Nurdin Abdullah.

Ia mengapresisi Kota Makassar yang terus berinovasi, menciptakan bus dari mobil sampah. Juga telah disiapkan tiga koridor.

“Saya kira ini mobil yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat kota dengan baik dengan koridor yang ada,” sebutnya.

Sedangkan, Pjs Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menilai, pengadaan mobil ini dalam rangka mendorong Makassar menjadi kota tujuan wisata.

“Jadi pengadaan ini wujud reinkarnasi dari mobil sampah tangkasaki. Dimana berangkat dari keinginan kami untuk mendorong makassar menjadi kota tujuan wisata, kota ramah investasi,” ucap Rudy Djamaluddin, Penjabat Wali Kota Makassar, dalam sambutannya.

Selain itu, Rudy mengatakan ini juga sebagai bentuk rasa dari memanusiakan manusia. Pasalnya, mobil Tangkasaki dinilai cara kerjanya masih bersifat konvesional.

“Sebenarnya yang menjadi keprihatinan kita mobil tangkasaki ini cara kerjanya sangat manual. Kenapa demikian? Karena dinaikkan cara manual, di dorong kedalam sampahnya masih manual dan dikeluarkan sampahnya pun masih manual. Jadi kita miris melihat petugas kebersihan kita yang rela masuk di dalam mobil sampah hanya untuk mengeluarkan sampah yang sudah diangkut. Semua ini berawal dari sini,” sebutnya.

Karenanya, kehadiran bus ini menjadi salah satu cara untuk menggunakan truk sampah Tangkasi menjadi lebih berguna.

“Tidak mungkin dibiarkan saja begitu, ada sekitar 400an mobil sampah 120 unit itu mobil Tangkasaki sisanya mobil tongkang. Nah transportasi kota kita yang gratis itu tidak ada makanya kita buat bus hasil recycle mobil tangkasasi. Kita kan sudah hadirkan juga mobil sampah konfaktor yang perbandingan kerjanya itu 1:3 dibandingkan mobil Tangkasaki,” klaim Rudy.

Sebagai langkah awal Bus Wisata Metro Kota Makassar ini hanya dihadirkan 3 unit. Namun, Rudy tengah mengusulkan tambahan 10 unit secepatnya. (adi)

 Komentar

Berita Terbaru
Herman Heizer Plt Ketua Golkar Pare-pare
Politik25 Januari 2021 00:28
Herman Heizer Plt Ketua Golkar Pare-pare
Setelah Herman Heizer tak menjabat sebagai Ketua HIPMI di Sulsel, kini ia fokus berpartai di Golkar. ...
Dicurhati Petani, Rusdi Masse Salurkan Bantuan Alsintan di Sidrap Sulsel
Daerah24 Januari 2021 23:22
Dicurhati Petani, Rusdi Masse Salurkan Bantuan Alsintan di Sidrap Sulsel
Di depan para petani, RMS begitu akronimnya mengaku ikut merasakan masalah utama yakni banyak petani merugi karena gagal panen. ...
11 Pekerja Selamat Setelah Dua Minggu Terperangkap di Reruntuhan Tambang
International24 Januari 2021 22:34
11 Pekerja Selamat Setelah Dua Minggu Terperangkap di Reruntuhan Tambang
Pedoman Rakyat, Qixia – Sebelas pekerja yang terperangkap selama dua minggu di dalam tambang emas China akhirnya berhasil diselamatkan, Minggu (...
Minum Ramuan Penangkal Corona Buatan Dukun, Menkes Ini Positif Covid
International24 Januari 2021 21:55
Minum Ramuan Penangkal Corona Buatan Dukun, Menkes Ini Positif Covid
Pedoman Rakyat, Colombo – Menteri Kesehatan Sri Lanka, Pavithra Wanniarachchi yang menghadapi kritik karena mengonsumsi dan mendukung sirup herb...