Catat, 15 Aplikasi Ini Resmi Terintegrasi dengan PeduliLindungi

Nhico
Nhico

Jumat, 08 Oktober 2021 08:38

Catat, 15 Aplikasi Ini Resmi Terintegrasi dengan PeduliLindungi

Pedoman Rakyat, Makassar – Pemerintah resmi mengintegrasikan 15 aplikasi yang bisa mengakses aplikasi PeduliLindungi. Tercatat sebanyak 15 aplikasi tersebut antara lain BNI Mobile, Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Dana, Livin’ by Mandiri, CInema XXI, LinkAja!, GOERS, JAKI, Shopee, Loket.com, dan MCash.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, langkah ini dilakukan karena pemerintah ingin menggunakan peduli lindungi dalam tiga hal utama penanganan pandemi Covid-19. Pertama, kata dia, screening status vaksinasi dan PCR tes terutama enam aktivitas utama yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Kedua, fungsi tracing (pelacakan) yang diharapkan kalau ada kasus positif, kita bisa sangat cepat mengetahui siapa yang ada di lokasi tersebut. Ketiga, mendukung implementasi protokol kesehatan (prokes),” ujarnya saat konferensi pers virtual seperti dikutip Jumat (8/10).

Salah satu perusahaan yang mengintegrasikan, PT Bank Negara Indonesia (Persero). Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, integrasi aplikasi peduli lindungi ke dalam aplikasi BNI Mobile Banking sedang memasuki fase finalisasi, sehingga dalam waktu dekat, nasabah dapat mengakses fitur PeduliLindungi langsung melalui aplikasi BNI Mobile Banking.

Para nasabah BNI dapat melakukan scan kode QR agar check in dan check out di tempat umum melalui aplikasi BNI Mobile Banking.

“Adanya integrasi peduli lindungi pada aplikasi BNI Mobile Banking diharapkan semakin mempermudah masyarakat dan membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan digital untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji mengungkapkan jumlah aplikasi yang terintegrasi dengan PeduliLindungi bakal bertambah sebanyak 35 dalam waktu dekat. Menurutnya, 35 aplikasi yang akan terintegrasi dengan PeduliLindungi sedang dalam tahap tes keamanan dan administrasi.

“Memang selain 15 aplikasi yang saat ini kita luncurkan, masih ada beberapa mitra lain yang sedang berproses yang sedang tes secara keamanan, kemudian proses administrasi,” ucapnya.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan sarana yang menjadi tulang punggung pemerintah dalam melakukan pelacakan dan menghentikan penyebaran Covid-19. Aplikasi PeduliLindungi dapat memudahkan penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dengan scan QR area publik.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:35
Gara-gara Tak Diberi Rokok, Pengangguran di Makassar Tikam Buruh Harian
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang pria yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh harian lepas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Jaya...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:29
AJI Makassar: Polda Sulsel Tak Profesional Terima Laporan Sengketa Pemberitaan
Pedoman Rakyat, Makassar -Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar menanggapi kasus pelaporan terhadap nar...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:03
Hati-hati Berkendara! Siswi Cantik di Makassar Tewas Terlindas Truk karena Gagal Menyalip
Pedoman Rakyat, Makassar- Nasib malang menimpa seorang siswi yang masih berusia 17 tahun di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Gadis belia bern...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 19:42
Polisi Ringkus Pelaku Pembunuh Wanita Asal Bantaeng Sulsel, Motifnya Diduga Urusan Bisnis Tokek
Pedoman Rakyat, Gowa- Kepolisian Resor (Polres) Gowa mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang wanita yang jasadnya ditemukan di tengah semak beluk...