English Learning Express, Cara Dosen Bahasa Inggris Unismuh Makassar Ini Mengabdi ke Masyarakat

Editor
Editor

Sabtu, 07 November 2020 05:32

English Learning Express, Cara Dosen Bahasa Inggris Unismuh Makassar Ini Mengabdi ke Masyarakat

Pedoman Rakyat, Maros – Sebanyak empat orang dosen Bahasa Inggris Unismuh, Makassar, menggelar Program English Learning Express di SDN 97 Inpress Tellumpanuae Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, 4-5 September 2020.

Program ini adalah sebagai wujud Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Uyunnasirah Hambali, S.Pd.M.Pd., Hilda Hafid, S.Pd.,M.Pd., Sitti Maryam Hamid, S.Pd.M.Pd., dan Andi Bulkis Maghfirah Mannong, S.Pd.M.Pd.,

Salah seorang dosen, Uyunnasirah mengatakan Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan hasil yang positif dan sangat bermanfaat bagi murid SDN 97 Inpres Tellumpanuae,

“Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan minat belajar bahasa Inggris yang mencakup komunikasi dan percakapan sehari-hari khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Inggris dasar.” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris ini menggunakan media gambar, audio dan games. Adapun beberapa tahapan pelaksanaan kegiatan ini meliputi proses pelatihan pembelajaran bahasa Inggris.

Di mana, para murid kelas VI berada diruang kelas untuk mengikuti pemaparan materi sekaligus dibekali dengan pembagian kamus dan handbook.

Juga pemberian test evaluasi belajar Bahasa Inggris seperti proses Tanya jawab seputar materi, games, dan di akhiri dengan praktek berbicara atau bercakap sebagai hasil akhir dari proses pembelajaran tersebut.

“Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar penting dilakukan guna mendukung program menambah pengetahuan masyarakat daerah khususnya ditingkat sekolah dasar mengenai Bahasa Inggris dan meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris murid,” terang yang dekat sapaan Uyun ini.

Melalui pelatihan ini khususnya bagi murid kelas 6 yang akan menjadi bekal bagi mereka untuk menghadapi sekolah tingkat menengah.

Murid telah memiliki pengetahuan tentang materi dasar Bahasa Inggris serta mengetahui pemaparan materi tidak hanya mengacu pada handbook atau textbook yang terkesan (konvensional) namun pembelajaran dapat disajikan melalui media ajar yang menarik. (ian)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional01 Desember 2020 18:16
Rumah Mahfud Md di Pamekasan Madura Digeruduk Massa Berpakaian Busana Muslim
Tak hanya itu, terdengar seseorang dalam video yang menjelaskan jika video tersebut diambil di depan rumah Mahfud Md...
Politik01 Desember 2020 17:25
Tegas! Ketua Asosiasi RT/RW Se-Makassar Solid Dukung Danny-Fatma, Bukan yang “Omong Kosong”
Danny telah sukses menanam 'pondasi' terhadap keberadaan RT/RW saat memimpin Kota Makassar periode 2015-2019....
Politik01 Desember 2020 17:03
Emak-emak di Makassar Doakan Fatma Tegar Pasca Dilecehkan Pendukung Kandidat Lain
Sudah kelewatan sekali mi itu. Pelakunya mungkin tidak berpikir. Tidak punya kapang (mungkin) orang tua?...
Nasional01 Desember 2020 15:58
Bila Fadli Zon Masuk Kabinet Jokowi, Rocky Gerung: Terlalu Liar, Luhut Tak Bisa Kendalikan
Mungkin Jokowi beranggapan jangan Fadli Zon karena terlalu liar, bisa merambat ke semua bidang...