Gara-gara Ini Rupiah Berpotensi kembali Melemah

Editor
Editor

Kamis, 28 Mei 2020 17:11

Gara-gara Ini Rupiah Berpotensi kembali Melemah

Pedoman Rakyat – Hubungan Amerika Serikat (AS) dengan China kembali memanas. Efeknya diprediksi akan menekan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di akhir pekan nanti. 

Mengutip Bloomberg, pada perdagangan Kamis (28/5) rupiah ditutup koreksi tipis 0,03% ke level Rp 14.715 per dolar AS. Sedangkan pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau Jisdor mmelemah 0,05% menjadi Rp 14.769 per dolar AS.

Analis Monex Investindo Futures Faisyal menjelaskan, pelemahan mata uang Garuda yang terjadi Kamis (28/5) sebagian besar didominasi oleh sentimen eksternal. Faktor utama karena maraknya aksi profit taking setelah rupiah sempat menguat pada perdagangan kemarin. 

“Pasar juga tengah waspada karena memburuknya hubungan China dan AS dan memungkinkan dikeluarkan sanksi baru dan lebih keras dari Presiden Donald Trump, seperti sanksi visa dan perdagangan,” kata Faisyal dilansir  Kontan, Kamis (28/5).

Di samping itu, pelaku pasar juga masih memiliki kekhawatiran terhadap risiko pelambatan ekonomi global. Apalagi beberapa bank sentral dunia seperti Jepang dan Eropa kembali gencar mengeluarkan stimulus-stimulus baru. 

Ditambah lagi, muncul risiko no deal Brexit dari Inggris setelah muncul pernyataan bahwa Perdana Menteri Inggris Boris Johnson tidak akan memperpanjang kesepakatan kedua negara.

Untuk perdagangan Jumat (29/5), Faisyal memperkirakan rupiah masih akan melanjutkan pelemahan di rentang Rp 14.700 per dolar AS hingga Rp 14.900 per dolar AS.

“Belum ada sentimen berarti dari domestik, besok masih akan didominasi sentimen eksternal dimana pasar menunggu pernyataan Trump dan balasan dari China terkait ancaman sanksi,” tutupnya. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga15 April 2024 15:09
Arsenal Diklaim Bakal Kesulitan Meraih Gelar Juara
Pedomanrakyat.com, Inggris – Arsenal dinilai punya jadwal sisa Liga Inggris yang paling berat dibanding Liverpool dan Manchester City. Tim Howar...
Otomotif15 April 2024 14:53
MotoGP Amerika 2024: Vinales Menang, Marquez Celaka!
Pedomanrakyat.com, Amerika – MotoGP Amerika 2024 milik Aprilia. Maverick Vinales berhasil meraih hasil sempurna sepanjang akhir pekan sejak Fr...
Nasional15 April 2024 14:45
Kabar Baik! Perpanjang SIM Mati Tanpa Bikin Baru Berlaku Mulai Besok, Ini Syaratnya
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Bagi masyarakat pemegang Izin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya bisa diperpanjang tanpa bikin baru. Namun ...
International15 April 2024 14:39
Sengit! Iran dan Israel Debat Panas di Rapat DK PBB Setelah Serangan Drone-Rudal
Pedomanrakyat.com, New York – Dewan Keamanan PBB menggelar rapat darurat untuk menyikapi situasi panas antara Iran dan Israel. Israel meminta DK...