Gubernur Nurdin Bangun Bertahap Fasilitas Pulau, Jaringan Listrik Bawah Laut hingga Air Bersih

Editor
Editor

Jumat, 11 September 2020 10:51

Gubernur Nurdin Bangun Bertahap Fasilitas Pulau, Jaringan Listrik Bawah Laut hingga Air Bersih

Pedoman Rakyat, MakassarGubernur Sulsel Nurdin Abdullah bertahap akan melengkapi infrastruktur guna terpenuhinya kebutuhan dasar warga di beberapa pulau di Makassar.

Menurut Nurdin, permasalahan bagi warga di semua pulau di Sulsel adalah belum ada fasilitas air bersih, kebutuhan listrik masih menggunakan disel, kekurangan fasilitas pendidikan, dan tidak ada pelabuhan.

Bupati Bantaeng Periode 2008 – 2018 ini menjanjikan akan membangun secara bertahap infrastruktur sehingga ke depan tidak ada perbedaan fasilitas di daratan dan kepulauan.

“Tahun ini juga pemerintah (provinsi) mulai membangun jaringan listrik bawah laut ke Pulau Laelae. Nanti akan nyambung ke Pulau Samalona, terus ke Barang Caddi, Barang Lompo, dan pulau-pulau sekitarnya,” jelas Nurdin Abdullah di hadapan jamaah masjid Nurul Mustaqim, Pulau Barang Lompo Jumat 11 September 2020.

Nurdin Abdullah berkunjung ke Pulau Samalona dan Barang Lompo di dampingi Pj Walikota Makassar Prof Rudy Djamaluddin, dan Kepala Dinas Perhuhungan Sulsel Dr Muhammad Arafah dan rombongan.

Rombongan gubernur dan pj walikota salat jumat bersama warga Pulau Barang Lompo, Kecamatan Sangkarang, Makassar, di Masjid Nurul Mustaqim, Jumat 11 September 2020.

Sebelum ke Pulau Barang Lompo, Nurdin Abdullah meninjau pembangunan masjid di Pulau Samalona.

Menurut Nurdin Abdullah, kalau sudah ada jaringan listrik yang menjamin ketersediaan daya selama 24 jam, banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kepulauan.

“Kalau sudah ada listrik selama 24 jam, bisa bikin cold storage. Hasil tangkapan ikan bisa awet,” jelas Nurdin Abdullah.

Dijelaskan, tahun ini juga, pemerintah akan membangun instalasi air bersih langsung minum (arsinum) di Pulau Lanjukkang dan Pulau Langkai. “Tahun lalu dibangun instalasi arsinum di Barang Caddi. Tahun ini dibangun di Pulau Lanjukkang dan Pulau Langkai. Saya akan bangun terus hingga semua pulau ada instalasi arsinum,” jelas Nurdin Abdullah.(zeg)

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah30 Mei 2024 16:21
Partai NasDem Resmi Usung Nicodemus Biringkanae dan Darma Lelepadang di Pilkada Tana Toraja
Pedomanralyat.com, Makassar – Teka teki usungan Partai NasDem pada Pilkada Kabupaten Tana Toraja tahun ini terjawab sudah. Partai yang dipimpin ...
Metro30 Mei 2024 16:16
Tekan Inflasi Daerah, TPID Makassar Bersama BI dan Bulog Gelar Program MDC di Lima Pasar Rakyat
Pedomanrakyat.com, Makassar – Tim TPID Kota Makassar bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Bulog melaksanakan kegiatan dalam rangka Pengendalian...
Metro30 Mei 2024 09:24
UPT Perbengkelan Dinas PU Makassar Lakukan Pemeliharaan Ban Mobil Sampah Tiap Kecamatan
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makasssar melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perbengkelan melakukan pemeliharaan ...
International30 Mei 2024 01:50
Makin Dikecam Makin Menggila, Tank Israel Terus Menuju Jantung Kota Rafah-Perang Bisa Berlanjut Sepanjang Tahun
Pedomanrakyat.com, Palestina – Israel mengirim tank untuk menyerang Rafah pada Rabu (29/5/2024) dan mengatakan perangnya terhadap Hamas di Gaza ...