Gunung Ile Lewotolok di NTT Erupsi Setinggi 400 Meter

Nhico
Nhico

Selasa, 14 November 2023 10:43

Gunung Ile Lewotolok di NTT Erupsi Setinggi 400 Meter

Pedomanrakyat.com, NTT –Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur melaporkan, gunung api itu kembali erupsi setinggi 400 meter.

“Pada pukul 05.27 Wita Gunung Ile Lewotolok kembali erupsi dengan ketinggian kolom abu teramati kurang lebih 400 meter di puncak atau kurang lebih 1.823 meter di atas permukaan laut,” kata petugas Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok Stanis Ara Kian di Kupang, Selasa (14/11/2023) pagi.

Berdasarkan pantauan, ujarnya, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut.

Dalam laporannya, erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24.5 mili meter dengan durasi kurang lebih satu menit 35 detik.

“Kalau bunyi dentumannya lemah,” ujar dia.

Menurut dia, Senin (13/11) kemarin pukul 16.33 Wita juga sempat terjadi erupsi dan ketinggian kolom abu sekitar 500 meter di puncak.

Dia menambahkan, saat ini gunung api yang erupsi pada akhir November 2021 itu berada pada status level II atau waspada.

Oleh karena itu, pihaknya mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat di sekitar gunung Lewotolok maupun pengunjung, pendaki, serta wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas di dalam wilayah radius 2 kilometer dari pusat aktivitas gunung Ile Lewotolok.

 

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 Juni 2024 20:15
Antisipasi Musim Kemarau, PDAM Makassar Turunkan 3 Pompa Suplesi, Dirtek Asdar Ali ke Pelanggan: Hematki Pakai Air!
Pedomanrakyat.com, Makassar – Kota Makassar memasuki musim kemarau sebagaimana prediksi dari BMKG, salah satu fenomena yang sering dialami saat ...
Daerah25 Juni 2024 19:50
Bupati Pangkep Yusran Pimpin Rembuk Stunting
Pedomanrakyat.com, Pangkep – Pemkab Pangkep terus bekerja untuk percepatan penurunan angka stunting. Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau(MYL...
Daerah25 Juni 2024 17:29
Laskar Rajawali Deklarasi Dukung Ilham Azikin, Janji Kawal Sampai Tuntas
Pedomanrakyat.com, Bantaeng – Sekelompok pemuda Bantaeng yang menamakan dirinya Laskar Rajawali mendeklarasikan diri menyatakan dukungan untuk...
Politik25 Juni 2024 17:22
PKB Beri Rekomendasi ke Ilham Azikin, Ketua DPC: Kami Siap Berkolaborasi dengan Partai Koalisi
Pedomanrakyat.com, Bantaeng – Ketua DPC PKB Bantaeng, Muh Asri secara seremoni menyerahkan rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke Bupa...