Gunung Ruang Kembali Erupsi: Muntahkan Abu 5 Km, Awan Panas ke Segala Arah-Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

Nhico
Nhico

Selasa, 30 April 2024 11:08

Gunung Ruang Kembali Erupsi.(F-INT)
Gunung Ruang Kembali Erupsi.(F-INT)

Pedomanrakyat.com, Sulawesi Utara PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat) ditutup sementara pagi ini.

Hal itu imbas semburan abu vulkanik Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), yang kembali meletus dini hari tadi.

“Melihat semburan abu vulkanik yang sampai di Bandara Samrat, maka sesuai dengan Notam untuk sementara kami tutup,” kata GM Bandara Samrat Maya Damayanti, di Manado, dilansir Antara, Selasa (30/4/2024).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat erupsi Gunung Ruang melontarkan abu vulkanik setinggi lima kilometer dari pusat kawah.

Erupsi disertai awan panas ke segala arah.

“Erupsi disertai awan panas ke segala arah,” kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan, dalam keterangannya, seperti dikutip Antara, Selasa (30/4/2024).

Erupsi pagi ini terjadi pukul 08.35 Wita dengan kolom abu tebal berwarna kelabu hingga hitam mengarah ke timur dan selatan.

PVMBG per dini hari tadi sudah menaikkan status Gunung Ruang dari siaga menjadi awas.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah16 Juli 2024 14:45
Jagoan NasDem Muzayyin Arif-Ikhsan Hamid Datang ke Sinjai Timur, Puluhan Emak-emak Langsung Kerumuni: Harapan para Petani!
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon (Balon) Bupati dan wakil bupati Sinjai Muzayyin Arif- Andi Ikhsan Hamid menemui kelompok ibu rumah tan...
Nasional16 Juli 2024 12:17
Jokowi Lantik 906 Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2024 di Istana Me...
International16 Juli 2024 11:28
Joe Biden Kecam Trump Pilih Senator JD Vance Jadi Cawapres di Pemilu AS 2024
Pedomanrakyat.com, AS – Tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menanggapi pengumuman kandidat presiden AS Donald Trump yang menjat...
Hiburan16 Juli 2024 11:22
Kimberly Ryder Gugat Cerai Edward Akbar
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Kabar tak enak datang dari Kimberly Ryder dan Edward Akbar. Diketahui Kimberly Ryder menggugat cerai suaminya Edwar...