Hadiri Lomba Permainan Tradisional, Farid Kasim Judas: Ini Membuat Kita Bergembira, Senang dan Anak-anak Lebih Kreatif

Muh Saddam
Muh Saddam

Kamis, 19 Januari 2023 19:02

Hadiri Lomba Permainan Tradisional, Farid Kasim Judas: Ini Membuat Kita Bergembira, Senang dan Anak-anak Lebih Kreatif

Pedomanrakyat.com, Palopo – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palopo menggelar Perlombaan Permainan Tradisional Tingkat SD/MI dan SMP/MTs Se- Kota Palopo.

Pelombaan tesebut diadakan Disdik Palopo dalam rangka memperingati hari jadi Luwu Ke 755 dan Perlawanan Rakyat Luwu Ke 77 Tahun 2023, di Lapangan Pancasila, Kamis (19/1/2023).

Turut hadir menyaksikan perlombaan tersebut Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Seluruh Kepala sekolah SD dan SMP yang ikut memeriahkan perlombaan ini.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Asnita Darwis, menyampaikan tujuan diadakan perlombaan tersebut untuk menumbuhkan nilai-nilai kearifan lokal dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian permainan tradisional.

Asnita sekaligus Ketua Panitia Perlombaan ini menuturkan bahwa, Amadapun jumlah sekolah yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba tersebut sebanyak 75 SD/MI dan sekitar 19 SMP/MTs Se- Kota Palopo .

“Untuk SD terdiri dari lomba Katto’-Katto’ putra putri, lari karung putra putri dan lomba Hulahop putra putri, Untuk SMP terdiri dari lomba Ampang putra putri dan lomba lari longga’ putra putri,” kata Asnita.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Farid Kasim Judas mengatakan, Lomba Permainan Tradisional ini melambangkan memperingati hari jadi Luwu Ke 755 dan Perlawanan Rakyat Luwu Ke 77 Tahun 2023.

“Pada kesempatan sore ini kita diberi kesempatan untuk membangun mengingat masa lalu dengan mengadakan lomba permainan tradisional ini yang disebut katto’-katto’,” tutur Farid.

Pria yang akrab disapa FKJ ini mengapresiasi seluruh panitia penyelenggara yang telah berinisiatif merefleksi sebuah permainan tradisional.

“Di mana saat ini marak dan viral yang terjadi di seluruh penjuru dunia sekarang sudah bermain katto’-katto’,” bebernya.

Lanjutnya, perlombaan ini merupakan sebuah kegiatan yang mengingatkan kita bahwa semua pernah muda dan pernah bermain permainan katto’-katto’.

“Kegiatan ini membuat kita bergembira, senang dan membuat anak-anak kita lebih berkreatif dan memahami arti dari sebuah seni tradisional yang tidak boleh kita tinggalkan, seni tradisional harus kita lestarikan, budaya-budaya kita tetap kita lestarikan di masa modern seperti ini,” terangnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah30 Mei 2024 16:21
Partai NasDem Resmi Usung Nicodemus Biringkanae dan Darma Lelepadang di Pilkada Tana Toraja
Pedomanralyat.com, Makassar – Teka teki usungan Partai NasDem pada Pilkada Kabupaten Tana Toraja tahun ini terjawab sudah. Partai yang dipimpin ...
Metro30 Mei 2024 16:16
Tekan Inflasi Daerah, TPID Makassar Bersama BI dan Bulog Gelar Program MDC di Lima Pasar Rakyat
Pedomanrakyat.com, Makassar – Tim TPID Kota Makassar bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Bulog melaksanakan kegiatan dalam rangka Pengendalian...
Metro30 Mei 2024 09:24
UPT Perbengkelan Dinas PU Makassar Lakukan Pemeliharaan Ban Mobil Sampah Tiap Kecamatan
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makasssar melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perbengkelan melakukan pemeliharaan ...
International30 Mei 2024 01:50
Makin Dikecam Makin Menggila, Tank Israel Terus Menuju Jantung Kota Rafah-Perang Bisa Berlanjut Sepanjang Tahun
Pedomanrakyat.com, Palestina – Israel mengirim tank untuk menyerang Rafah pada Rabu (29/5/2024) dan mengatakan perangnya terhadap Hamas di Gaza ...