Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Terjadi di 25 Wilayah

Nhico
Nhico

Kamis, 11 November 2021 08:38

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Terjadi di 25 Wilayah

Pedoman Rakyat, Jakarta – BMKG memberikan peringatan dini agar waspada akan cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di 25 wilayah di Tanah Air, Kamis (11/11/2021) ini.

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, Guntur, dan peningkatan angin kencang yang bisa mengakibatkan pohon tumbang, dan berpotensi longsor dan banjir,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Berikut daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini, yakni ada di kawasan Aceh, Bali, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Lampung.

Cuaca serupa juga berpotensi di Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 21 derajat hingga 33 derajat Celsius dengan kelembaban udara 55-100%.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur laut hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna utara, Kepulauan Natuna, dan Laut Natuna.

Waspada tinggi gelombang 2,5 hingga 4 meter yang berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Samudra Hindia selatan Banten hingga Jawa Barat, perairan selatan Banten, Laut Natuna Utara, perairan Kepulauan Natuna dan Laut Natuna.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” demikian peringatan BMKG untuk wilayah pesisir di Indonesia.

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga28 November 2021 22:00
RMS Racing Team Berhasil Bawa 3 Trofi di Powertrack 2021 Seri 1 Banjar
Pedoman Rakyat, Banjar – Tim balap Rusdi Masse (RMS) Racing Team berhasil membawa tiga trofi di event akbar Powertrack 2021 Putaran Pertama yang...
Metro28 November 2021 21:10
Dua Asrama Mahasiswa di Makassar Diserang-Dibakar, Kapolrestabes Dudukkan Tokoh Tanah Luwu dan Bone
Pedoman Rakyat, Makassar- Menyikapi penyerangan yang terjadi disejumlah asrama mahasiswa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sejumlah tokoh m...
Metro28 November 2021 20:30
Alhamdulillah, Kapal Pancing yang Ditumpangi Legislator Sulsel Akhirnya Ditemukan
Pedoman Rakyat, Makassar– Proses pencarian Kapal New Bira Fishing yang dilaporkan mengalami mati mesin di perairan Selat Tanakeke Kabupaten Taka...
Hukum/Kriminal28 November 2021 20:18
Dua Asrama Mahasiswa di Makassar Diserang Lalu Dibakar OTK, Kapolda Sulsel Minta Masyarakat Tenang
Pedoman Rakyat, Makassar- Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana meminta masyarakatl tidak percaya dengan isu hoax yang beredar terkait kasus penyeran...