Jelang Peringatan Maulid Nabi, Satgas: Jangan Terlena dan Tetap Berhati-hati

Nhico
Nhico

Rabu, 06 Oktober 2021 08:23

Jelang Peringatan Maulid Nabi, Satgas: Jangan Terlena dan Tetap Berhati-hati 

Pedoman Rakyat, Jakarta – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona saat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 19 Oktober mendatang. Wiku menekankan, penularan virus masih terjadi sekalipun situasi pandemi sudah menunjukkan perbaikan.

“Mengingat Indonesia yang saat ini sedang dalam kondisi kasus yang cukup terkendali sudah sepatutnya kita mempertahankannya dengan tidak terlena dan tetap berhati-hati,” kata Wiku, dalam konferensi pers daring, Selasa (5/10/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Wiku mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan 3M atau memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dalam setiap aktivitas. Ia juga meminta pemerintah daerah menyampaikan pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, termasuk soal pengawasan.

Jika masyarakat abai terhadap protokol kesehatan, kata Wiku, berisiko meningkatkan kembali penularan virus corona. “Mohon kepada pemerintah daerah melakukan pengawasan kegiatan masyarakat dengan membantu sosialisasi yang jelas di daerah masing-masing, khususnya rincian protokol kesehatan yang harus dijalankan untuk meminimalisasi peluang penularan sebesar-besarnya,” kata Wiku.

Sebagaimana diketahui, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada 19 Oktober 2021 atau 1443 Hijriah. Namun demikian, demi mencegah penularan Covid-19, pemerintah mengubah hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi 20 Oktober 2021.

Perubahan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi, Birokrasi Nomor 712, 1, dan 3 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menpan dan RB Nomor 642, 4, dan 4 Tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah25 Oktober 2021 12:22
Panen Raya di Pangkep, Bupati Yusran: Produksi Pertanian Meningkat, Petani Sejahtera
Pedoman Rakyat, Pangkep – Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menghadiri panen raya padi di Kampung Biring Ere, Desa Panaikang, Kecama...
Nasional25 Oktober 2021 12:13
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat: Perjuangan Masyarakat Adat, Perlu Dukungan Semua Pihak
Pedoman Rakyat, Palopo – Seringkali hak-hak masyarakat adat terabaikan di tengah proses pembangunan. Karena itu diperlukan undang-undang yang be...
Metro25 Oktober 2021 11:43
Walikota Danny Pomanto Pastikan Bangun Sport Center Standar Internasional di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Walikota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri sekaligus menutup secara resmi Basketball Championship Waliko...
International25 Oktober 2021 11:33
Di Cina! Sekolah Dilarang Beri PR Terlalu Berat Pada Siswa, Bagaimana Indonesia?
Pedoman Rakyat, China mengesahkan undang-undang yang mengatur sekolah untuk tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang terlalu berlebihan pada siswa. ...