Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat, Iduladha Diprediksi Serentak

Nhico
Nhico

Jumat, 07 Juni 2024 10:10

Ilustrasi Sidang Isbat.(F-INT)
Ilustrasi Sidang Isbat.(F-INT)

Pedomanrakyat.com, Jakarta – Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Zulhijah 1445 Hijriah pada hari ini, Jumat (7/6).

Sidang Isbat bakal dihelat di Auditorium Kemenag, Jl. MH. Thamrin, Jakarta. Pengamatan hilal ini merupakan salah satu rujukan dalam penetapan waktu Lebaran Iduladha yang jatuh pada 10 Zulhijah 1445 H.

Sidang Isbat ini penting untuk selalu kita laksanakan, karena masyarakat menunggu pengumuman resmi dari pemerintah,” ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangan di laman resmi Kemenag.

Alur Sidang Isbat ini akan dimulai dengan seminar mengenai kriteria penetapan awal bulan Hijriah. Seminar diikuti perwakilan ormas Islam dan para tamu undangan.

Kemudian setelah Salat Magrib, acara dilanjutkan dengan Sidang Isbat secara tertutup. Hasil sidang isbat diumumkan melalui konferensi pers penetapan awal Zulhijah.

Sidang Isbat ini mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan Ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib melaporkan posisi hilal pada Sidang Isbat nanti berada di atas ufuk antara 7° 15.82′ sampai 10° 41.09′ dengan sudut elongasi antara 11°34.83′ sampai 13°14.47′.

Posisi hilal ini telah melampaui kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yang mensyaratkan tinggi hilal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Dalam posisi tersebut, posisi hilal sudah berada di atas kriteria Imkanur rukyat.

“Artinya, secara astronomis, pada 7 Juni 2024, hilal diperkirakan dapat terlihat di beberapa wilayah di Indonesia. Tinggal nanti bergantung dengan cuaca setempat,” imbuh Adib.

Adib menambahkan mengatakan hasil perhitungan Imkanur rukyat ataupun Wujudul Hilal penentuan awal bulan Zulhijah berpotensi memiliki kesamaan. Dia memperkirakan tahun ini umat Islam di Indonesia diperkirakan dapat merayakan hari Iduladha secara serentak.

“Kendati begitu, untuk menunggu hasil Sidang Isbat,” kata Adib.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah jauh-jauh hari menetapkan Hari Raya Iduladha atau 10 Zulhijah 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 Juni 2024 22:43
Salut! Dinas PU Makassar Jadi OPD Membidangi Sub Urusan Jasa Kontruksi dengan Kinerja Terbaik se Sulawesi
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menerima penghargaan dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar. Diman...
Nasional25 Juni 2024 22:06
PDIP Sebut PKS Tak Bisa Sendirian Usung Anies-Sohibul di Jakarta: Belum Ada yang Final
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Ketua DPP PDIP, Eriko Sotarduga mengatakan PKS tak bisa mengusung duet Anies Baswedan-Sohibul Iman sendiri tanpa ko...
Metro25 Juni 2024 21:24
PJ Sekda Makassar Apresiasi Program Double Untung Bank Sulselbar
Pedomanrakyat.com, Makassar – Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra menghadiri program Double Untung Bank Sulselbar di Area Parkir Mall Phin...
Daerah25 Juni 2024 21:12
Tasming Hamid Berkomitmen Akan Mengembalikan Kejayaan Pasar Lakessi Parepare
Pedomanrakyat.com, Parepare – Minggu pagi (23/6/2024), Tasming Hamid (TSM), calon wali kota Parepare usungan Partai Nasdem dan PKS, melakukan bl...