Klaster Itjima Gowa Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kaltim

Editor
Editor

Kamis, 30 April 2020 08:24

itjima Dunia di Gowa yang dibatalkan
itjima Dunia di Gowa yang dibatalkan

Pedoman Rakyat, Kaltim – Klaster Itjima Gowa mendominasi kasus positif Covid-19 di Kalimantan Timur. Dari 119 kasus positif, ada 64 orang yang terlacak sebagai klaster dalam acara Itjima Dunia 2020 di Kabupaten Gowa, Sulsel, itu.

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan tercatat ada 749 orang asal Kaltim yang sempat mengikuti acara di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan tersebut. 

Acara yg sedianya digelar pada 19 Maret hingg 22 Maret itu dibatalkan namun sudah dihadiri oleh ribuan orang dari seluruh wilayah, bahkan mancanegara.

“Dari 749 yang terlacak dalam kegiatan itu, 64 orang sudah dinyatakan positif, 78 orang PDP (Pasien Dengan Pengawasan),” ujar Andi seperti dilansir CNN Indonesia dari Antara, kemarin.

Sebagian besar peserta Ijtima Dunia asal Kaltim itu berasal dari Kota Samarinda. Dari 200 orang tersebut, 14 di antaranya positif corona.

Selain itu masih ada orang dari Klaster Gowa juga tersebar di beberapa Kabupaten/kota di Kaltim.

Selain klater gowa, ada sejumlah klaster kasus positif corona yakni klaster Sinode, klaster Bogor dan klaster KPU.

Andi meminta masyarakat untuk tetap waspada dan menjalankan protokol pencegahan COVID-19, dengan menggunakan masker ketika keluar rumah, dan selalu mencuci tangan.

Meski demikian Andi mengingatkan agar tidak ada stigma negatif bagi orang bagi orang yang telah terdeteksi tertular COVID-19.

“Justru harus memberikan support kepada mereka, sambil kita tetap berjaga jarak dan waspada,” kata Andi Ishak.

Klaster Gowa diketahui jadi pemicu penambahan kasus positif corona di berbagai wilayah lain seperti di Jambi dan Sulawesi Tenggara. Di Jambi, klaster gowa juga mendominasi kasus positif korona. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 Juni 2024 22:43
Salut! Dinas PU Makassar Jadi OPD Membidangi Sub Urusan Jasa Kontruksi dengan Kinerja Terbaik se Sulawesi
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menerima penghargaan dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar. Diman...
Nasional25 Juni 2024 22:06
PDIP Sebut PKS Tak Bisa Sendirian Usung Anies-Sohibul di Jakarta: Belum Ada yang Final
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Ketua DPP PDIP, Eriko Sotarduga mengatakan PKS tak bisa mengusung duet Anies Baswedan-Sohibul Iman sendiri tanpa ko...
Metro25 Juni 2024 21:24
PJ Sekda Makassar Apresiasi Program Double Untung Bank Sulselbar
Pedomanrakyat.com, Makassar – Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra menghadiri program Double Untung Bank Sulselbar di Area Parkir Mall Phin...
Daerah25 Juni 2024 21:12
Tasming Hamid Berkomitmen Akan Mengembalikan Kejayaan Pasar Lakessi Parepare
Pedomanrakyat.com, Parepare – Minggu pagi (23/6/2024), Tasming Hamid (TSM), calon wali kota Parepare usungan Partai Nasdem dan PKS, melakukan bl...