Komisi A DPRD Sulsel Ogah Bahas LHP BPK, Kopel: Kepercayaan Publik Bisa Menurun

Muh Saddam
Muh Saddam

Sabtu, 29 Juni 2024 19:58

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel Arfandy Idris
Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel Arfandy Idris

Pedomanrakyat.com, Makassar – Komisi A DPRD Sulawesi Selatan ogah bahas Laporahn Hasil Pemeriksana (LHP) BPK ata Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Sulsel Tajun Anggaran 2023.

Dimana, LHP BPK ini seharusnya mulai dibahas DPRD Sulsel pekan ini, pada masing-masing komisi dengan menghadirkan organisasi perangkat daerah (OPD) mitra kerja.

Dikonfirmasi awak media, Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel Arfandy Idris, membenarkan jika tidak ada rapat LHP yang dilaksanakan Komisinya, karena telah menyerahkan ke pimpinan sebelum dilakukan pembahasan.

“Tidak ada, Ndak dibahas ji di komisi A diserahkan ke pimpinan dewan. komisi A serahkan sepenuhnya ke pimpinan dewan, kami takut salah,” kata Arfandy, Jumat (28/6/2024).

Terpisah, Direktur komite pemantau legislatif (Kopel) Indonesia, Herman menegaskan bahwa, setiap komisi wajib melaksanakan rapat LHP BPK.

“Tidak bisa tidak dibahas karena DPRD memiliki kewajiban untuk menindaklanjuti temuan BPK dalam rangka pengawasan pengelolaan keuangan daerah,” beber Herman.

Herman menyampaikan, tanpa pembahasan LHP BPK, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dapat terganggu.

“Publik dan pemangku kepentingan lain tidak akan mendapatkan informasi yang memadai mengenai temuan dan bagaimana rekomendasi DPRD atas hasil temuan tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya, LHP ini berisi temuan dan rekomendasi untuk memperbaiki pengelolaan keuangan daerah. Sehingga apabila itu tidak dibahas, maka rekomendasi tidak akan diimplementasikan dan dapat menghambat perbaikan pengelolaan keuangan daerah.

“Kepercayaan publik terhadap DPRD dan pemerintah daerah dapat menurun jika mereka dianggap tidak serius dalam menindaklanjuti temuan BPK. Ini dapat berdampak negatif pada legitimasi dan reputasi mereka di mata masyarakat,” pungkasnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional16 Juli 2024 12:17
Jokowi Lantik 906 Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2024 di Istana Me...
International16 Juli 2024 11:28
Joe Biden Kecam Trump Pilih Senator JD Vance Jadi Cawapres di Pemilu AS 2024
Pedomanrakyat.com, AS – Tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menanggapi pengumuman kandidat presiden AS Donald Trump yang menjat...
Hiburan16 Juli 2024 11:22
Kimberly Ryder Gugat Cerai Edward Akbar
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Kabar tak enak datang dari Kimberly Ryder dan Edward Akbar. Diketahui Kimberly Ryder menggugat cerai suaminya Edwar...
Metro16 Juli 2024 11:09
Danny Pomanto dan Kejari Makassar Pererat Kerja Sama Bidang Hukum dan Pendampingan Proyek Strategis
Pedomanrakyat.com, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar yang baru Nauli Rahim Sir...