Langkah dan Strategi Gubernur Nurdin Agar Virus Korona Tak Merajalela

Editor
Editor

Jumat, 10 April 2020 12:41

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Pedoman Rakyat, Makassar – Provinsi Sulawesi Selatan masuk dalam lima besar di Indonesia kasus virus korona atau Covid-19.

Langkah dan upaya agar virus ini tidak merajalela sangat ditunggu dari pemerintah. Nurdin Abdullah" href="https://pedomanrakyat.com/tag/gubernur-sulsel-nurdin-abdullah/">Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah kemarin menggelar rapat bersama Forkopimda dan Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb, membahas terkait hal tersebut. Termasuk opsi pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ikut dibahas.

Dalam rapat itu, Nurdin mengatakan, dalam rapat tersebut dilakukan evaluasi kondisi Sulsel terakhir dan mengkaji langkah pencegahan Covid-19. 

“Beberapa hal lagi kita kaji apakah sudah memenuhi syarat sebagai PSBB. Saya kira tidak mudah langsung kita usulkan, banyak hal yang menjadi persyaratan,” kata Nurdin Abdullah.

Dalam rapat tersebut, kata dia, sementara ini menekankan pada program jaring pengaman sosial, terutama bagi mereka yang bekerja di sektor informal. Lalu solusi penerapan social dan physical distancing, menurut dia, sejauh ini belum diterapkan oleh masyarakat secara maksimal.

“Sekarang sudah menyebar kemana-mana. Karena itu, strategi kita adalah ingin melakukan social distancing secara masif,” sebutnya.

Langkahnya dengan memanfaatkan jaringan unsur pemerintah hingga ke bawah sampai jaringan tingkat RT/RW, dari kepolisian punya jaringan sampai Babinkamtibmas dan TNI dengan Babinsa. Semua unsur harus bersinergi.

Menuru Nurdin, pada prinsipnya, penerapan PSBB di Sulsel sudah berjalan, di antaranya bahwa sekolah atau belajar dilakukan di rumah, dan begitu pulan bekerja dari rumah.

“PSBB langkah akhir kita lakukan. Selama masih ada upaya pencegahan, akan kita lakukan lebih dulu,” katanya. (ndi)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro30 Mei 2024 17:49
Terima Kunjungan BRIN, Bupati Barru Suardi Saleh Koordinasi Percepatan Pembangunan BRIDA
Pedomanrakyat.com, Barru – Bupati Barru Suardi Saleh menerima Kunjungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Menara MPP lt.5 Ruang Kerja B...
Daerah30 Mei 2024 16:21
Partai NasDem Resmi Usung Nicodemus Biringkanae dan Darma Lelepadang di Pilkada Tana Toraja
Pedomanralyat.com, Makassar – Teka teki usungan Partai NasDem pada Pilkada Kabupaten Tana Toraja tahun ini terjawab sudah. Partai yang dipimpin ...
Metro30 Mei 2024 16:16
Tekan Inflasi Daerah, TPID Makassar Bersama BI dan Bulog Gelar Program MDC di Lima Pasar Rakyat
Pedomanrakyat.com, Makassar – Tim TPID Kota Makassar bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Bulog melaksanakan kegiatan dalam rangka Pengendalian...
Metro30 Mei 2024 09:24
UPT Perbengkelan Dinas PU Makassar Lakukan Pemeliharaan Ban Mobil Sampah Tiap Kecamatan
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makasssar melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perbengkelan melakukan pemeliharaan ...