Makin Beringas, KKB Bunuh 2 Pekerja, Proyek Trans Papua Disetop Sementara

A. Zafran
A. Zafran

Rabu, 25 Agustus 2021 01:50

Makin Beringas, KKB Bunuh 2 Pekerja, Proyek Trans Papua Disetop Sementara

Pedoman Rakyat, Papua – Pembangunan jembatan dan Jalan Trans Papua di Kabupaten Yahukimo, Papua, dihentikan sementara. Penghentian sementara itu dilakukan usai 2 pekerja dibantai kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kepala Kantor Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wamena, Zepnat Kambu mengatakan penghentian itu dilakukan hingga adanya jaminan keamanan untuk pekerja. Zepnat pun akan bersurat ke Kementerian PUPR terkait penghentian sementara proyek ini.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Kami akan menyurat kepada Kementerian PUPR terkait pemberhentian sementara pekerjaan, mengingat situasi kamtibmas di wilayah itu tidak kondusif,” ujar Zepnat Kambu, pada Selasa (24/8/2021).

Zepnat mengatakan, beberapa bulan lalu pihaknya juga pernah meminta pembangunan proyek di Yahukimo dihentikan sementara paska tiga orang pekerja tewas akibat diserang KKB. Namun saat itu, kata dia, pekerjaan masih tetap dilanjutkan.

Zepnat mengungkapkan, kali ini ulah KKB tak hanya menewaskan dua pekerja dari PT Indo Papua. Dia mengatakan, alat berat hingga truk miliki perusahaan juga dibakar.

“Pelaku juga membakar alat berat dan truk milik kontraktor yang sedang ada dilokasi pekerjaan,” jelas Zepnat.

Lebih lanjut, Zepnat menyampaikan, sebelum terjadinya peristiwa tersebut, ada 32 pekerja yang melakukan pembangunan jembatan. Namun, 20 orang telah dipulangkan.

“20 orang sudah dipulangkan. Sementara 12 belum termasuk dua korban ini, mereka sedang mengerjakan jembatan KM 43,” ucapnya.

Kendati demikian, dia menjelaskan pembunuhan 2 pekerja itu terjadi bukan di lokasi pengerjaan jembatan. Pembunuhan itu dilakukan KKB saat kedua korban dalam perjalanan pulang usai mengantarkan warga.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah21 September 2021 22:49
Kabar Baik Corona, Tak Ada Lagi Daerah Level 4 di Sulteng, Gubernur Rusdi Mastura: Tetap Disiplin Prokes
Pedoman Rakyat, Palu – Pengendalian Covid-19 di Sulteng menunjukkan tren baik dengan terkendalinya penularan. Atas kondisi itu, tak ada lagi kab...
Politik21 September 2021 22:34
Kesiapan NasDem Sigi Sulteng 2024 Lebih Matang
Pedoman Rakyat, Sigi – Kesiapan mesin Partai DPD NasDem Kabupaten Sigi, Sulteng, menatap Pemilu 2024 diyakini lebih matang dari sebelumnya. Itu ...
Hukum/Kriminal21 September 2021 21:00
Saat Pacaran Rekam Lagi Berhubungan Seks, Giliran Putus Video Disebar ke Medsos, Wanita Cantik di Makassar Lapor Polisi
Awalnya nggak mau, tapi karena dibujuk dipaksa akhirnya dia lakukan (rekam video), tapi tidak ada kesepakatan bahwa kita sama-sama merekam. Jadi itu i...
Metro21 September 2021 20:55
Harga Telur Anjlok di Sulsel, Syaharuddin Alrif Pimpin Langsung Rapat dan Carikan Solusi Para Pengusaha Ayam Potong-Petelur
Pedoman Rakyat, Makassar – Pengusaha ayam petelur dan ayam potong di Sulawesi Selatan, mengeluhkan kondisi usahanya yang mengalami kerugian akib...