Masjid Al Aqsa Ikut Ditutup Sementara karena Covid-19

Editor
Editor

Jumat, 17 April 2020 18:00

Masjid Al Aqsa tampak atas (int))
Masjid Al Aqsa tampak atas (int))

Pedoman Rakyat – Komplek Masjid Al Aqsa akan ditutup selama bulan suci Ramadan untuk mencegah penyebaran virus korna. Wakaf Islam Yerusalem, pengurus masjid yang ditunjuk Yordania untuk mengurusi Al Aqsa mengatakan keputusan tersebut sebagai hal ‘menyakitkan’ bagi umat Muslim.

Dalam sebuah pernyataan, dewan tersebut mengatakan jika keputusan penutupan Al Aqsa sejalan dengan fatwa hukum dan pertimbangan medis.

Sebagai gantinya, umat muslim diharuskan untuk salat di rumah selama bulan Ramadan dan tetap menjaga keselamatan diri serta kesehatan.

Mengutip CNNIndonesia dari Al Jazeera, kendati tidak dibuka untuk jamaah namun pekerja masih diizinkan memasuki kawasan masjid Al Aqsa.

Umumnya selain melaksanakan salat lima waktu, saat bulan Ramadan masjid Al Aqsa juga dipenuhi jamaah yang melaksanakan salat taraweh.

Penutupan kali ini merupakan kelanjutan dari penutupan total masjid yang terletak di Yerusalem tersebut sejak 23 Maret 2020. Direktur Masjid Al Aqsa Omar Kiswani mengatakan penutupan total masjid merupakan perintah langsung dari Dewa Wakaf Yordania untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dilansir dari AFP, Badan Wakaf pada akhir Maret lalu mengatakan jika umat Muslim “tidak dapat mengunjungi kompleks Al Aqsa untuk sementara waktu berdasarkan atas rekomendasi keagamaan dan medis.”

Sejak awal Maret lalu, Kementerian Agama dan Wakaf Yordania sebagai pengurus Al Aqsa memerintahkan seluruh gereja dan masjid di wilayah Palestina untuk ditutup sementara. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik21 Juni 2024 17:13
Andi Irwan Hamid Rela Jalan Kaki Temui dan Dengar Langsung Harapan Masyarakat Pinrang
Pedomanrakyat.com, Makassar – Calon Bupati Kabupaten Pinrang Andi Irwan Hamid kembali bertemu dan menyapa masyarakat Pinrang di dua Kelurahan. K...
Metro21 Juni 2024 16:59
APT Gelar Pengawasan di SMAN 20 Makassar, Warga Pertanyakan Status Lahan Sekolah
Pedomanrakyat.com, Makassar – Anggota DPRD Sulawesi Selatan Andre Prasetyo Tanta (APT) menggelar pengawasan pelaksanaan APBD Sulsel. Pada titik ...
Ekonomi20 Juni 2024 22:56
Kolaborasi Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfo Makassar Wujudkan Makassar Penyangga IKN
Pedomanrakyat.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pojok Literasi 2024 bertajuk “Sudah Sejauh Man...
Metro20 Juni 2024 22:53
PJ Sekda Makassar Resmi Buka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ajak Masyarakat Jaga Bumi
Pedomanrakyat.com, Makassar – PJ Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra mengajak masyarakat agar terus menjaga bumi dan lingkungan alam sekitar....