Mau Bertahan di Tengah Pandemi, Pelaku Usaha Harus Mampu Beradaptasi

Nhico
Nhico

Kamis, 07 Oktober 2021 11:30

Mau Bertahan di Tengah Pandemi,  Pelaku Usaha Harus Mampu Beradaptasi

Pedoman Rakyat, Makassar – Ekonom Raden Pardede mengatakan kunci keberhasilan pelaku usaha bisa bertahan di masa pandemi covid-19 yakni harus mampu beradaptasi terhadap perubahan, dan memanfaatkan peluang.

“Kita harus melihat ini peluang yang besar sekali asal kita mau berubah dan mengadopsi perubahan, dan ini menjadi kunci keberhasilan dari dunia usaha kita terutama pelaku usaha yang kecil-kecil ini ke depan,” kata Raden dalam Indonesia Knowledge Forum (IKF) X – 2021, Kamis (7/10/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Dia menegaskan, jika pelaku usaha ingin bertahan dan selamat menghadapi pandemi yaitu harus berani mencoba hal baru, beradaptasi terhadap perubahan dan melakukan penyesuaian meskipun sulit.

“Karena jika kita tidak mengikuti perubahan itu maka kita akan ditenggelamkan oleh perubahan. Pilihannya memang tidak mudah, tapi memang ini pilihan yang harus kita ambil agar kita bisa selamat dan bertahan,” ujarnya.

Menurutnya, jika pelaku usaha tidak berubah maka resikonya akan jauh lebih tinggi, dan potensi secara probabilitas kemungkinan kita tidak berhasil apabila tidak melakukan perubahan. “Kalau kita melakukan perubahan maka peluang itu jauh lebih tinggi daripada kita tidak melakukan perubahan,” imbuhnya.

Di masa pandemi ini, peluang sangat terbuka lebar bagi produsen atau pelaku usaha yang ingin mencoba untuk memperluas pemasaran secara online melalui platform digital.

“Kalau kita bisa onboarding dan masuk ke banyak akses maka peluangnya banyak, karena dari nol ke 1 itu tidak terhingga. Ini jauh lebih besar dampaknya kepada kita dibandingkan dengan yang sudah mulai dari 10 ke 11 itu naiknya hanya 10 persen,” pungkasnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro22 Oktober 2021 11:31
Plt Gubernur Sulsel Apresiasi Capaian Vaksinasi yang dilakukan TP PKK
Pedoman Rakyat, Makassar – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan apresiasi atas capaian jumlah warga yang divaksin 56 ribu....
International22 Oktober 2021 11:22
Tragis! 4 Pasien di RS Tewas Gara-gara Disuntik Jarum Isi Udara, Pelaku Terancam Hukuman Mati
Pedoman Rakyat, Texas – William Davis, pria berusia 37 tahun di Texas, ditangkap dan diperkirakan bakal menghadapi hukuman mati gara-gara menyun...
Metro22 Oktober 2021 10:35
Bongkar Kasus Sabu 2 Kg di Makassar, Berikut Daftar Polisi yang Terima Penghargaan dari Danny Pomanto
Pedoman Rakyat, Makassar – Pemerintah Kota Makassar, dalam hal ini Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memberikan apresiasi ata...
Daerah22 Oktober 2021 10:21
Guru SMA Cabuli Siswa di Hotel, Ternyata Begini Modus Pelaku
Pedoman Rakyat, Medan – Tega, seorang guru SMA cabuli siwanya sendiri di hotel. Guru ini merupakan guru di bidang komputer, berinisial PG (49...