Mau Bisnis Online? Begini Alur Tips Suksesnya

Nhico
Nhico

Jumat, 24 September 2021 07:59

Mau Bisnis Online? Begini Alur Tips Suksesnya 

Pedoman Rakyat, Makassar – Bisnis online atau daring adalah salah satu sektor bisnis yang sedang naik daun, terutama saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Biasanya bisnis yang dilakukan secara online akan menggunakan website atau situs sebagai media mereka menawarkan barang dan/atau jasa.

Hal inilah yang mengharuskan setiap bisnis memahami betapa pentingnya penggunaan website di era globalisasi. Website untuk bisnis tidak hanya menguntungkan bagi pihak penjual, tetapi juga konsumen yang tertarik untuk membeli barang dan/atau jasa yang ditawarkan.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Salah satu hal terpenting dalam sebuah website yang perlu dipersiapkan adalah memilih domain. Fungsi domain bagi sebuah website adalah agar pengunjung bisa lebih mudah mengingat brand atau merek dan sekaligus meningkatkan branding bisnis yang sedang Anda jalani.

Domain merupakan nama unik yang ada pada sebuah website dan bertujuan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa perlu menggunakan alamat IP.

Nah, untuk yang masih bingung apa saja yang harus dipersiapkan saat memilih domain untuk bisnis online, simak beberapa tips memilih domain yang tepat

Pilih Nama yang Singkat serta Mudah Orang Ingat

Hal terpenting dalam memilih domain untuk bisnis online adalah memilih nama yang singkat dan juga mudah untuk diingat. Sebaiknya pilih nama domain yang tidak lebih dari tiga kata agar pengguna lebih mudah mengingat domain website bisnis Anda.

Nama domain yang pendek memang cenderung lebih mudah untuk dibaca dan diingat orang sehingga branding bisnis Anda akan menjadi lebih mudah. Selain itu, nama domain yang singkat juga akan membuatnya terlihat lebih hemat tempat.

-Gunakan Nama Brand Bisnis sebagai Domain

Anda bisa menggunakan nama brand bsinis online sebagai domain website. Jadi, Anda tidak hanya menggunakan website sebagai media jual-beli, tetapi juga sebagai branding bisnis. Nama domain yang menggunakan brand bisnis juga cenderung membuat konsumen lebih percaya.

-Pastikan Jika Domain Mudah Diketik

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan jika domain mudah diketik oleh pengguna. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan nama yang pendek, ejaan yang benar dan menghindari penggunaan angka serta tanda hubung.

-Gunakan Ekstensi yang Sesuai

Pemilihan ekstensi yang sesuai menjadi salah satu tips memilih domain untuk bisnis online yang perlu Anda perhatikan. Hal ini karena beberapa ekstensi untuk domain memiliki fungsinya tersendiri. Contohnya seperti ekstensi .org untuk organisasi atau lembaga dan .co untuk situs perusahaan.

Biasanya para pemilik bisnis akan menggunakan ekstensi .com yang terkenal sebagai ekstensi nomor satu. Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan domain dengan ekstensi ini terbilang cukup sulit. Meski begitu, Anda bisa menggunakan ekstensi lain yang juga populer, seperti .site dan .online.

-Segera Beli Domain yang Sudah Anda Pilih

Saat ini banyak pemilik bisnis online yang menggunakan website sehingga nama domain menjadi lebih cepat terjual. Oleh karena itu, jika Anda sudah mendapatkan nama domain yang tepat, maka sebaiknya segera beli domain tersebut sebelum orang lain menggunakannya.

Itulah tips memilih domain yang tepat untuk bisnis online. Selain memilih nama domain, Anda juga perlu mengecek status domain dengan menggunakan whois domain.

Jenis domain ini merupakan layanan privasi yang berfungsi untuk menjaga kestabilan internet dan keamanan website.

Dengan begitu, maka website Anda akan memiliki performa maksimal dan dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional25 Oktober 2021 12:13
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat: Perjuangan Masyarakat Adat, Perlu Dukungan Semua Pihak
Pedoman Rakyat, Palopo – Seringkali hak-hak masyarakat adat terabaikan di tengah proses pembangunan. Karena itu diperlukan undang-undang yang be...
Metro25 Oktober 2021 11:43
Walikota Danny Pomanto Pastikan Bangun Sport Center Standar Internasional di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Walikota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri sekaligus menutup secara resmi Basketball Championship Waliko...
International25 Oktober 2021 11:33
Di Cina! Sekolah Dilarang Beri PR Terlalu Berat Pada Siswa, Bagaimana Indonesia?
Pedoman Rakyat, China mengesahkan undang-undang yang mengatur sekolah untuk tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang terlalu berlebihan pada siswa. ...
Hukum/Kriminal25 Oktober 2021 10:56
Polisi Buru Pemotor yang Beraksi Freestyle di Jalan Tol Layang Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Viral video aksi ugal-ugalan dua pemotor yang nekat menerobos jalan tol layang AP Pettarani Makassar, Sabtu (23/10/20...