Mengejutkan! PJ Walikota Makassar Bicara Soal Penyelewengan Retribusi Dana Sampah di Kecamatan

Editor
Editor

Kamis, 26 November 2020 21:26

Pj walikota Makassar Rudy Djamaluddin
Pj walikota Makassar Rudy Djamaluddin

Pedoman Rakyat, Makassar – Dugaan kebocoran pendapatan daerah yang terjadi pada jasa pengolahan sampah di salah satu kecamatan akhirnya ditanggapi PJ Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin.

Saat ditanyai wartawan, Ia sendiri hanya menyerahkan persoalan itu pada Penegak hukum, utamanya penyidik kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar.

“Kita tunggu langkah kepolisian untuk mengusut laporan tersebut,” Singkatnya, Kamis (26/11)

Rudi mengatakan temuan hukum dalam kegiatan yang dilaksanakan pemerintah merupakan ranah penegak hukum untuk melakukan pengusutan. Sehingga menurutnya untuk dugaan perkara tersebut, dirinya menyerahkan sepenuhnya pada kepolisian.

“Sudah jadi ranah kepolisian untuk mendak lanjuti, karena kita ini negara hukum, tapi kalau terbukti melakukan tindak pidana, pasti kita tindak, kita sanksi sesuai peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya dugaan penyelewengan dana retribusi sampah oleh oknum Lurah dan Camat dilaporkan Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) ke Polrestabes Makassar.

AMPD menemukan dua lembar kuitansi retribusi sampah penyetoran ke Dinas Pendapatan Daerah tahun 2019. Dalam kuitansi tersebut Ketua AMPD, Dwi Putra Kurniawan mengaku melihat ada kejanggalan nilai.

Menurutnya, ada dua kwitansi yang memiliki nilai berbeda. Satunya Rp 130 juta dan satunya Rp 90 juta lebih. Sehingga mereka menduga ini dilakukan untuk mengambil selisih.

Hal itu kemudian ditindaklanjuti Unit Tipikor Polrestabes Makassar. Penyidik lantas dikabarkan telah melakukan pengumpulan data data terkait penyelewengan dana retribusi sampah di kecamatan Mamajang. (dir)

 Komentar

Berita Terbaru
Tiga Hari Berturut-turut, Polsek Biringkanaya Disibukkan Penemuan Mayat
Hukum/Kriminal23 Januari 2021 20:09
Tiga Hari Berturut-turut, Polsek Biringkanaya Disibukkan Penemuan Mayat
Pedoman Rakyat, Makassar – Tiga hari berturut-turut aparat kepolisian di wilayah hukum Biringkanaya, Makassar, disibukkan dengan laporan penemua...
Uang Beredar Per Desember 2020 Rp6.900 Triliun, Dipicu Pilkada Serentak?
Ekonomi23 Januari 2021 19:43
Uang Beredar Per Desember 2020 Rp6.900 Triliun, Dipicu Pilkada Serentak?
Pedoman Rakyat, Jakarta – Likuiditas perekonomian alias perputaran uang per Desember 2020 tercatat Rp6.900 triliun. Dimana seperti diketahui, be...
Kado Ultah Megawati dan Partai, PDIP Sulsel Tanam 48 Ribu Pohon
Politik23 Januari 2021 18:11
Kado Ultah Megawati dan Partai, PDIP Sulsel Tanam 48 Ribu Pohon
Pedoman Rakyat, Makassar – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Selatan (Sulsel) menanam 48 ribu pohon secara serentak. Penanam...
Resmi, Milan Pinjam Tomori dari Chelsea
Olahraga23 Januari 2021 16:47
Resmi, Milan Pinjam Tomori dari Chelsea
Pedoman Rakyat, Milan – Fikayo Tomori resmi menjadi bagian dari AC Milan. Bek Chelsea itu direkrut dengan status pinjaman hingga akhir musim. De...