MUI: Daftar Produk Diboikot yang Beredar di Internet Itu Hoaks

Nhico
Nhico

Rabu, 15 November 2023 22:23

MUI: Daftar Produk Diboikot yang Beredar di Internet Itu Hoaks

Pedomanrakyat.com, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak pernah merilis daftar produk Israel dan afiliasinya yang harus diboikot seperti yang beredar di internet.

Selain itu, MUI tidak pernah mengharamkan produk-produk Israel dan afiliasinya, seperti yang beredar di media sosial baru-baru ini.

Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi Fatwa MUI Miftahul Huda terkait beredarnya daftar produk-produk Israel dan afiliasinya yang disarankan MUI untuk diboikot di internet.

“Jadi, MUI tidak berkompeten untuk merilis produk Israel, atau yang terafiliasi ke Israel. Dan yang kita haramkan bukan produknya, tapi aktivitas dukungannya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (15/11/2023).

Dia menegaskan MUI juga tidak berhak untuk mencabut produk-produk yang sudah bersertifikasi halal.

“Jadi, misalnya produk itu sudah bersertifikat halal, maka kita tidak berhak untuk mencabutnya. Karena, sistem sertifikasi halal itu sudah melibatkan banyak pihak. Jadi, kita tidak pernah merilis daftar produk itu,” tegasnya.

Dia juga mengatakan MUI sama sekali belum mengetahui apakah produk-produk yang beredar di internet itu memang benar-benar produk Israel dan afiliasinya atau tidak. “Yang jelas, MUI sama sekali tidak pernah merilis daftar produk itu,” ucapnya.

Menurutnya, yang membuat daftar produk itu adalah pihak lain dan sama sekali bukan dari MUI. “Itu dari pihak lain ya, bukan MUI. Kami tidak merilis,” tukasnya lagi.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah22 Juli 2024 16:07
Mendagri Tolong Berhentikan Pj Bupati Pinrang! Diduga Tak Netral di Pilkada, Mau Mutasi karena Perintah ‘Bos’
Pedomanrakyat.com, Makassar – Aliansi Pemuda dan Masyarakat Kabupaten Pinrang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Pinrang, Senin (2...
International22 Juli 2024 14:52
Respons Rusia atas Mundurnya Joe Biden dari Pilpres AS
Pedomanrakyat.com, Rusia – Joe Biden memutuskan mundur dari Pilpres AS. Biden mendukung Kamala Harris untuk melawan Donald Trump yang difavoritk...
Hiburan22 Juli 2024 14:43
Heboh Wanda Hara Datang ke Kajian Ustadz Hanan Attaki Pakai Cadar, Tuai Kritikan Netizen
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Wanda Hara kini bikin heboh usai disebut penistaan agama gegara pakai cadar di kajian Ustaz Hanan Attaki. Wanda Har...
Metro22 Juli 2024 14:36
TV Milik Prabowo, Garuda TV Promosikan Festival F8 Makassar
Pedomanrakyat.com, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan Garuda TV berkolaborasi mempromosikan Festival F8. Danny Pom...