OPD Terlalu Gemuk, Pembangunan di Bulukumba Terbengkalai

Editor
Editor

Rabu, 23 Desember 2020 19:06

Anggota DPRD Bulukumba dari Fraksi Golkar, Abu Thalib
Anggota DPRD Bulukumba dari Fraksi Golkar, Abu Thalib

Pedoman Rakyat, Bulukumba – Fraksi Partai Golkar DPRD Bulukumba meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk melakukan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Gemuknya OPD disebut penyebab terbengkalainya pembangunan di Bulukumba, dan membuat daerah berjuluk Butta Panrita Lopi itu tertinggal dari daerah lain.

Sponsored by ADVERTNATIVE

”OPD kita terlalu gemuk, ini yang membuat pembangunan terbengkalai, untuknya itu kami dari fraksi Golkar mendorong untuk dilakukan perampingan,” kata legislator dari Fraksi Golkar Bulukumba, H Abu Thalib, Senin, (21/12/2020).

H Abu Thalib ingat betul saat pemerintahan Zainuddin Hasan, yang saat itu OPD hanya berjumlah 26 saja.

Pemerintah kala itu, setiap tahunya hemat Rp 200 Miliar lebih yang selalu menjadi Silpa daerah (Sisa Lebih Pembiyayaan Anggaran).

”Bayangkan kalau Rp 200 miliar kita hemat, kita bisa aspal jalan 40 KM setiap tahun, pembangunan jembatan tidak akan terbengkalai. Jalanan kita akan selalu mulus karena ada anggaran untuk pemeliharaan,” jelas Abu Thalib.

Kini OPD yang berjumlah 39, sangat membebani daerah. Itu gegaranya politik, bupati yang terpilih terlalu banyak menjanjikan pemilihnya jabatan.

”Begini kalau bupati terlalu banyak menjanji jabatan, kedepanya Andi Muchtar Ali Yusuf yang terpilih dalam Pilkada, kita harap tidak melakukan hal yang sama,” pinta Abu Thalib.

Abu Thalib memberikan contoh, OPD yang bisa disatukan, seperti Dinas Pendidikan digabung dengan Pemuda dan Olahraga, Perdagangan dengan Dinas Koperasi, serta Dinas Kearsipan disatukan dengan perpustakaan.(awa)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro06 Desember 2021 18:26
Peringatan Dini BMKG: Semua Daerah di Sulsel Waspada Hujan Lebat-Angin Kencang dan Potensi Banjir
Pedoman Rakyat, Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Sulawesi Sel...
Hiburan06 Desember 2021 18:06
Celine Evangelista Ikut Merasa Bersalah Kematian Novia Widyasari, Tak Balas DM Curhatannya
Pedoman Rakyat, Jakarta – Penyesalan Celine Evangelista atas kematian Novia Widyasari baru terungkap. Celine Evangelista mengaku kaget setelah m...
Hukum/Kriminal06 Desember 2021 17:19
Security Asal Gowa Tewas Ditikam di Sebuah Kafe Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang pria berinisial AB (30) meregang nyawa usai nongkrong di kafe Noyu, Jalan Syarif Al Qadri, Kecamatan Makassar, Kota ...
Daerah06 Desember 2021 16:45
Sungai di Soppeng Sulsel Meluap, Dua Rumah Hanyut Terbawa Arus
Pedoman Rakyat, Soppeng- Dua unit rumah panggung di Kabupaten Soppeng, Sulsel hanyut terbawa arus sungai yang meluap. Senin (6/12/2021). Peristiwa yan...