Pemprov Gunakan Bank Sulselbar Skema Pembiayaan Impor-Ekspor Komoditi Sulsel

Editor
Editor

Selasa, 11 Agustus 2020 03:54

Pemprov Gunakan Bank Sulselbar Skema Pembiayaan Impor-Ekspor Komoditi Sulsel

Pedoman Rakyat, Makassar – Pemprov Sulsel menjalin kerjasama dengan PT ASEI Bina Holding untuk beberapa sektor.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) soal investasi, antara Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dengan CEO PT ASEI Bina Holding, Prof Dhulkifl Zaman Khan Aljaafari, Phd.

Rencana kerjasama antara Pemprov Sulsel dengan PT ASEI Bina Holding terbagi menjadi bidang peternakan fokus dengan sapi perah, perikanan fokus bagaimana pengelolaan ikan tuna, pertanian fokus di jagung, padi dan coklat.

CEO PT ASEI Bina Holding, Prof Dhulkifl Zaman Khan Aljaafari, menjelaskan, pada kesempatan MoU ini memposisikan Bank Sulselbar dan Jamkrida untuk dipromosikan di luar negeri, untuk bagaimana disediakan kebutuhan pasar internasional.

“Bank Sulsel dan Jamkrida untuk mempromosikan kedua organisasi di luar negeri, untuk memungkinkan disediakan untuk sektor riil dan infrastruktur dan untuk penerimaan di pasar internasional,” katanya, Selasa (11/8/2020).

Bank Sulselbar akan digunakan dalam proses impor ekspor bahan pertanian dan komoditi lainnya. Sementara Jamkrida untuk membantu menggerakkan program ekonomi dan mendukung produk untuk dijembatani antara pemasok luar negeri dan pengguna dalam negeri.

“Bank Sulsel akan diposisikan untuk membantu mempromosikan fasilitasi perdagangan antara Indonesia bagian timur ke dunia. Kalau bisa membantu bagian lain Indonesia juga. Jamkrida untuk membantu menggerakkan program ekonomi – menggunakan produknya untuk menjembatani antara pemasok luar negeri dan pengguna dalam negeri,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengaku, hari ini baru dibangun jaringan untuk memulai kerjasama dengan perusahaan ini. Namun, nantinya akan diteruskan oleh Bank Sulselbar, Jamkrida dan Perseroda untuk menjalankannya.

“Hari ini kita baru bangun jaringan dan nanti kita berharap kedepannya akan dilanjutkan oleh Perseroda, Bank Sulselbar dan Jamkrida, untuk membuka keterisolasian kita selama ini untuk ekspor,” jelasnya.

Dia menjelaskan, jaringan ini harus dimanfaatkan dengan baik semua pihak untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kawasan Timur Indonesia.

“Mari kita sama-sama membuka keterisolasian Indonesia timur dan ini kita harus memanfaatkan jaringan ini, dan kita sudah berhasil satu langkah,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari memberikan apresiasi kepada Gubernur Sulsel atas upaya dan kerja kerasnya dalam mewujudkan investasi di Sulsel.

“Kami apresiasi atas usaha Bapak Gubernur untuk Sulawesi Selatan yang lebih baik kedepannya. Ini menjadi sebuah kebersamaan,” jelasnya. (zeg)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik27 September 2023 19:37
Aspirasi Masyarakat Jadi Basis Kerja Fraksi NasDem
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Roberth Rouw, menegaskan bahwa aspirasi masyarakat merupakan basis kerja anggota...
Nasional27 September 2023 19:32
Setujui UU ASN, NasDem Dorong Penguatan Pengawasan Sistem Merit
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Fraksi Partai NasDem DPR RI menerima dan menyetujui RUU Perubahan Atas UU No.5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (...
Metro27 September 2023 19:27
Danny Pomanto Paparkan Strategi Makassar yang Berketahanan Iklim dan Berkelanjutan di Hadapan 300 Perwakilan Kota Dunia
Pedomanrakyat.com, Korea – Wali Kota Makassar mendapatkan kesempatan memaparkan strategi Makassar menuju kota layak huni, berketahanan iklim yan...
Metro27 September 2023 16:46
Pj Gubernur Bahtiar Bersama Forkopimda Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional
Pedomanrakyat.com, Makassar – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, bersama Forkopimda meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar...