Pengusaha Khusus Ini di Parepare Tak Perlu Pajak Bayar di Tengah Pandemi

Editor
Editor

Kamis, 11 Juni 2020 17:55

Pengusaha Khusus Ini di Parepare Tak Perlu Pajak Bayar di Tengah Pandemi 

Pedoman Rakyat, Parepare – Pemerintah Kota Parepare tidak membebani pajak kepada pengusaha terutama rumah makan, restoran, dan kafe di tengah pandemi Covid-19.

Pemkot memahami kesulitan pengusaha di tengah pandemi. Hal ini diungkap Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Parepare, Jamaluddin Achmad melalui Kabid Penagihan, Muh Yusuf Azis, dan Kabid Pendapatan, Aswin, Kamis, (11/6/2020).

“Jadi sesuai instruksi Pak Kepala BKD, jangan tagih mulai tanggal 15 Maret ke atas. Karena di situ puncak pandemi Covid-19,” ungkap Yusuf Azis.

Sehingga, kata Yusuf, penagihan hanya dilakukan mulai Januari 2020 hingga 15 Maret 2020. Ditambah penagihan bagi wajib pungut yang menunggak pada Desember 2019, bahkan ada yang menunggak sejak Agustus 2019.

“Tim juga masih turun memantau, siapa-siapa rumah makan, restoran, kafe yang buka maupun yang tutup. Tentu hanya yang buka saja kami tagih, kalau tutup kami tidak tagih,” tegas Yusuf.

Yusuf juga meminta kepada wajib pungut untuk membaca dulu secara detail isi surat tagihan pajak. Perhatikan masa tagihan pajaknya, bukan tanggal keluarnya surat.

Sementara Kabid Pendapatan, Aswin mengakui, akibat pandemi Covid-19 ini pendapatan asli daerah (PAD) Parepare khususnya dari pendapatan pajak usaha merosot drastis.

“Jadi BKD sementara mengevaluasi target dan realisasi PAD di tengah Covid-19 ini. Pak Kepala BKD lagi memperjuangkan supaya target PAD yang dibebankan tahun ini diturunkan,” kata Aswin. (zeg)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro21 Juni 2024 19:42
Ditemui Legislator NasDem APT, Warga Maloku Minta Bantuan KIP-Beasiswa
Pedomanrakyat.com, Makassar – Legislator DPRD Sulawesi Selatan dari Fraksi NasDem Andre Prasetyo Tanta kembali melaksanakan pegawasan pelaksanaa...
Politik21 Juni 2024 17:13
Andi Irwan Hamid Rela Jalan Kaki Temui dan Dengar Langsung Harapan Masyarakat Pinrang
Pedomanrakyat.com, Makassar – Calon Bupati Kabupaten Pinrang Andi Irwan Hamid kembali bertemu dan menyapa masyarakat Pinrang di dua Kelurahan. K...
Metro21 Juni 2024 16:59
APT Gelar Pengawasan di SMAN 20 Makassar, Warga Pertanyakan Status Lahan Sekolah
Pedomanrakyat.com, Makassar – Anggota DPRD Sulawesi Selatan Andre Prasetyo Tanta (APT) telah menggelar pengawasan pelaksanaan APBD Sulsel. Pada ...
Ekonomi20 Juni 2024 22:56
Kolaborasi Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfo Makassar Wujudkan Makassar Penyangga IKN
Pedomanrakyat.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pojok Literasi 2024 bertajuk “Sudah Sejauh Man...