Pesawat Rombongan WNA China Masuk Indonesia saat Lebaran Tak Terdaftar Jadwal Kedatangannya

A. Zafran
A. Zafran

Jumat, 14 Mei 2021 17:05

Pesawat Rombongan WNA China Masuk Indonesia saat Lebaran Tak Terdaftar Jadwal Kedatangannya

Pedoman Rakyat, Jakarta – Sebanyak 114 warga negara asing (WNA) asal China masuk ke Indonesia, pada Kamis (13/5/2021) atau pada saat hari raya idul fitri 1442 Hijriah.

Mereka menggunakan pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF855 dari Fuzhou, China, dan mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, sekitar pukul 12.20 WIB.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Total 114 penumpang, sebanyak 110 WNA diketahui asal China.

Setibanya di Indonesia, mereka menjalani karantina di wisma atau pun di hotel yang telah ditunjuk Satgas Gugus TNI, dengan rincian: Hotel Arcadia 53 orang, hotel Shangrila 1 orang, Grand Sahid Jaya 18 orang, Mercure Jakarta Batavia 9 orang, Holiday Inn Gajah Mada 30 orang.

Dalam penerbangan itu juga terdapat 1 WNA asal Korea yang melakukan karantina di Hotel Grand Sahid, 2 WNI yang karantina di Hotel Mercure Batavia dan 1 WNI karantina di Wisma Atlet.

Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, M Holik Muwardi mengungkapkan, pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF855 dari Fuzhou, Cina itu tidak terdaftar dalam jadwal penerbangan kedatangan internasional reguler.

“Sepertinya pesawat carter,” ujarnya, Kamis malam, seperti dilansir Tempo.

Sepanjang Kamis kemarin, kata Holik, Bandara Soekarno-Hatta melayani 13 penerbangan kedatangan internasional yang mengangkut 950 penumpang dan 8 penerbangan domestik yang mengangkut 500 penumpang.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Arya Pradhana Anggakara belum merespons pertanyaan soal kedatangan rombongan warga China saat Lebaran ini.

Beberapa hari sebelum Lebaran, rombongan WNA asal China juga tercatat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Mereka menumpangi pesawat Sriwijaya Airlines dengan nomor penerbangan SJ-3185 dari Hangzhou, Cina, yang membawa 149 penumpang pada 12 Mei 2021, pukul 23.37.

Seluruh penumpang WNA China ini datang secara mandiri dan melakukan karantina di Wisma ataupun di Hotel yang telah ditunjuk Satgas COVID-19.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro20 Juni 2021 22:23
Legislator NasDem Sulsel Cicu Pantau Bantuan Alat Kemasan: Kita Ingin Pastikan Berjalan Baik atau Tidak
Pedoman Rakyat, Makassar – Anggota DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi menggelar tatap muka dengan konstituen dalam agenda Kunjungan Daerah Pemili...
Metro20 Juni 2021 20:22
Parah, Prof Rudy Nyosor Ingin Cium Bu Dosen di Kamar Hotel
Pedoman Rakyat, Jakarta – Nama Profesor Rudy kembali dibahas. Bagaimana tidak, meski sudah dicopot dari jabatannya, Rudy tetap disorot karena ti...
Politik20 Juni 2021 19:36
Suarakan Jokowi 3 Periode, M Qodari Bisa Dipolisikan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Mantan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari yang terus menyuarakan jika Joko Widodo bisa tiga periode, bisa dipo...