Positif Covid-19, Peserta SKD CPNS Tetap Bisa Ikut Seleksi, Ini Caranya

Nhico
Nhico

Kamis, 26 Agustus 2021 14:33

Positif Covid-19, Peserta SKD CPNS  Tetap Bisa Ikut Seleksi, Ini Caranya

Pedoman Rakyat, Makassar – Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS yang Positif Covid-19 bisa tetap mengikuti seleksi. Dia menegaskan, bahwa jangan sampai ada peserta seleksi yang dirugikan.

“Prinsipnya semaksimal mungkin tidak akan merugikan beserta,” kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen saat konferensi persnya, Rabu (25/8/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Dia mengatakan, jika hasil positif covid-19 diketahui sebelum hari pelaksanaan SKD wajib melaporkan ke instansi yang dilamarnya. Melapornya bisa melalui helpdesk atau call center yang disediakan.

“Mereka wajib untuk melaporkan ke instansinya. Sehingga peserta tersebut bisa dijadwalkan ulang untuk mengikuti seleksi,” ungkapnya.

Di sisi lain instansi yang mendapati pelamarnya positif covid-19 harus membuat surat ke kepala BKN untuk penjadwalan ulang.

Sementara itu jika hasil positif covid-19 diketahui pada saat hari pelaksanaan seleksi dan sudah terlanjur datang. Maka akan ada ruangan khusus untuk mengikuti SKD.

“Maka yang bersangkutan nanti akan ditempatkan ujiannya di tempat yang sudah disediakan. Ruangan terbuka, tidak ada ACnya karena sirkulasi udara terbuka luas,” tuturnya.

Suharmen mengatakan, bahwa setiap titik lokasi seleksi diimbau menyediakan ambulans. Sehingga jika ada peserta yang diketahui positif covid-19 di titik lokasi tersebut, maka akan diantarkan pulang menggunakan ambulans.

“Jadi tidak diizinkan untuk menggunakan kendaraan umum lagi. Supaya tidak ada penularan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN, Mohammad Ridwan menerangkan, bahwa jika peserta yang positif covid melaporkan setelah seleksi dilakukan maka dianggap gugur atau tidak datang. Sementara yang sudah melaporkan akan dicarikan jadwal SKD yang longgar di titik lokasi seleksi terdekat.

“Sebelum hari H seleksi positif segera laporkan agar instansi bersurat dengan BKN. Kami akan cari dimana waktu longgar di titik lokasi terdekat,” ungkapnya.

“Tapi mohon diingat. Kalau mereka hari Rabu positif, seleksinya hari Kamis dan baru Jumat atau Sabtu lapor itu tidak bisa. Kita anggap tidak hadir. Karena sudah selesai seleksinya,” pungkasnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga25 Oktober 2021 01:41
Tambah Gila! Manchester United Hancur Lebur di Old Trafford, Setelah Dipermalukan Liverpool 5-0
Pedoman Rakyat, Inggris – Manchester United benar-benar hancur lebur. Setan Merah dipermalukan seteru klasiknya, Liverpool, dengan skor 0-5 pada...
Olahraga25 Oktober 2021 01:07
Laga El Clasico Milik Real Madrid, setelah Los Blancos Bekuk Barcelona di Camp Nou 2-1
Pedoman Rakyat, Spanyol – Laga El Clasico jilid pertama musim 2021/22 resmi menjadi milik Real Madrid. Setelah Los Blancos sukses membekuk Bar...
Olahraga25 Oktober 2021 00:56
Gila! Liverpool Bantai Manchester United 4-0 di Babak Pertama
Pedoman Rakyat, Inggris – Manchester United untuk sementara tertinggal 0-4 dari Liverpool di babak pertama dalam partai pekan kesembilan Premier...
Hukum/Kriminal24 Oktober 2021 22:44
Mekanik Bengkel di Makassar Nyambi Jual Sabu, Begini Akibatnya
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang mekanik bengkel di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) terpaksa berurusan dengan polisi lantaran terlibat penya...