Prancis Membara, Warga Demo Macron yang Paksakan UU Perpanjangan Usia Pensiun

Nhico
Nhico

Jumat, 17 Maret 2023 21:25

Prancis Membara, Warga Demo Macron yang Paksakan UU Perpanjangan Usia Pensiun

Pedomanrakyat.com, Paris – Aksi unjuk rasa yang digelar di Paris, Prancis, berakhir rusuh.

Unjuk rasa yang digelar kelompok opisisi dan buruh itu mengecam keputusan Presiden Emmanuel Macron yang memaksakan undang-undang tentang usia pensiun dari 62 menjadi 64 tahun melalui parlemen tanpa pemungutan suara.

Hari ini, Jumat (17/3/2023), partai-partai oposisi dilaporkan akan memulai prosedur mosi tidak percaya terhadap pemerintah yang dipimpin oleh Perdana Menteri Elisabeth Borne.

Pemungutan suara terkait itu kemungkinan akan dilakukan awal pekan depan.

Pada Kamis (16/3/2023), Macron memerintahkan PM Borne untuk menggunakan kekuatan konstitusional khusus mendorong RUU Pensiun menjadi UU.

Pasal di konstitusi yang sangat tidak populer itu memungkinkan pemerintah menyetujui UU tanpa pemungutan suara di Majelis Nasional, majelis rendah parlemen Prancis.

Keputusan itu akhirnya membuat marah anggota oposisi di parlemen, sebagian warga negara, dan serikat pekerja.

Sejak kemarin, ribuan orang berkumpul di Place de la Concorde, yang menghadap gedung Majelis Nasional, untuk memprotes keputusan tersebut.

Saat malam tiba, petugas polisi menyerbu para demonstran secara bergelombang untuk membersihkan tempat itu.

Kelompok-kelompok kecil kemudian bergerak melalui jalan-jalan terdekat di lingkungan Champs-Elysees dan mulai membuat keributan dengan melakukan pembakaran di beberapa lokasi.

Peristiwa serupa juga terjadi di sejumlah kota di Prancis, seperti berulang di Rennes dan Nantes di Prancis timur hingga Lyon dan kota pelabuhan selatan Marseille. Aksi unjuk rasa berlangsung rusuh, sejumlah kaca toko dan bank dihancurkan massa pengunjuk rasa.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 Juni 2024 20:15
Antisipasi Musim Kemarau, PDAM Makassar Turunkan 3 Pompa Suplesi, Dirtek Asdar Ali ke Pelanggan: Hematki Pakai Air!
Pedomanrakyat.com, Makassar – Kota Makassar memasuki musim kemarau sebagaimana prediksi dari BMKG, salah satu fenomena yang sering dialami saat ...
Daerah25 Juni 2024 19:50
Bupati Pangkep Yusran Pimpin Rembuk Stunting
Pedomanrakyat.com, Pangkep – Pemkab Pangkep terus bekerja untuk percepatan penurunan angka stunting. Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau(MYL...
Daerah25 Juni 2024 17:29
Laskar Rajawali Deklarasi Dukung Ilham Azikin, Janji Kawal Sampai Tuntas
Pedomanrakyat.com, Bantaeng – Sekelompok pemuda Bantaeng yang menamakan dirinya Laskar Rajawali mendeklarasikan diri menyatakan dukungan untuk...
Politik25 Juni 2024 17:22
PKB Beri Rekomendasi ke Ilham Azikin, Ketua DPC: Kami Siap Berkolaborasi dengan Partai Koalisi
Pedomanrakyat.com, Bantaeng – Ketua DPC PKB Bantaeng, Muh Asri secara seremoni menyerahkan rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke Bupa...