Presidium KAMI: Belum Pernah Terjadi Polda Panggil Gubernur Hanya Buat Klarifikasi

Editor
Editor

Rabu, 18 November 2020 14:08

Gubernur DKI Anies Baswedan
Gubernur DKI Anies Baswedan

Pedoman Rakyat, Jakarta – Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsuddin menilai pemanggilan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan oleh Polda Metro Jaya tidak wajar.

Pemanggilan itu buntut dari acara Habib Rizieq Syihab di Petamburan akhir pekan lalu.

“Pemanggilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Polda Metro untuk dimintai klarifikasi tentang kerumunan pernikahan putri Habib Rizieq Syihab dapat dipandang sebagai drama penegakan hukum yang irrasional atau tidak wajar,” ujar Din Syamsuddin dalam keterangannya, Rabu (18/11).

Menurutnya, terkait izin serta tanggung jawab atas kerumunan yang melanggar Protokol Kesehatan (Prokes) tersebut ada pada Polri.

“Belum pernah terjadi Polda memanggil seorang Gubernur yang merupakan mitra kerja hanya untuk klarifikasi, kecuali dalam rangka penyidikan,” ujarnya.

“Mengapa tidak Kapolda yang datang? Dan bukankah izin serta tanggung jawab atas kerumunan yang melanggar Protokol Kesehatan ada pada Polri?” sambungnya.

Dia mengungkapkan, hal tersebut merupakan menjadi preseden buruk yang hanya memperburuk citra Polri. Apalagi, hanya terhadap Gubernur DKI Jakarta saja polisi melakukan pemanggilan terkait acara Habib Rizieq yang menimbulkan kerumunan massa.

“Kejadian ini merupakan preseden buruk yang hanya akan memperburuk citra Polri yang overacting, apalagi terkesan ada diskriminasi dengan tidak dilakukannya hal yang sama atas Gubernur lain yang di wilayahnya juga terjadi kerumunan serupa,” ungkapnya.

“Tindakan ini akan menjadi bumerang bagi rezim dan telah menuai simpati rakyat bagi Anies Baswedan sebagai pemimpin masa depan,” pungkasnya. (ian)

 Komentar

Berita Terbaru
Artikel30 November 2020 13:44
Joe Biden Alami Patah Tulang, Ini 4 Makanan untuk Memperkuat Tulang
Biden kemungkinan akan memakai sepatu bot untuk membantunya berjalan selama beberapa minggu ke depan. ...
Metro30 November 2020 13:06
Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Tes Swab Massif Guru se-Sulsel Dimulai
Tes swab massif untuk guru se-Sulsel ini diyakini Nurdin Abdullah adalah program pertama yang ada di Indonesia...
Berita30 November 2020 12:07
Mentan Syahrul Resmikan Penggilingan Pada dan Gelontorkan Rp8,3 Miliar di Bulukumba
“Kunjungan saya ini karena saya rindu dengan Bulukumba,” tegas SYL dalam kunker yang juga dihadiri Bupati Bulukumba Andi Syukri...
International30 November 2020 04:06
Mike Tyson Pakai Peci Haji Hadapi Roy Jones Jr, Begini Maknanya
Tyson memakai peci haji berwarna hitam di ruang ganti dan ketika hendak naik ke atas ring....