AGH Sanusi Baco Meninggal

Sanusi Baco Meninggal Sakit Perut, Hadis Nabi Menyebut Tergolong Mati Syahid

Jennaroka
Jennaroka

Sabtu, 15 Mei 2021 22:38

Almarhum AGH Sanusi Baco.
Almarhum AGH Sanusi Baco.

Pedoman Rakyat, Makassar – AGH Sanusi Baco meninggal dunia, Sabtu (15/5/2021) sekitar pukul 19.57 Wita, petang tadi. Informasi yang dihimpun, AGH Sanusi Baco mengalami sakit perut, sejak kemarin sebelum meninggal di Rumah Sakit Primaya.

“Akibat dari sakit perutnya itu yang mempengaruhi ke jantung, sampai saya lihat pompa jantungnya 50 persen di ICU,” tutu Irfan Sanusi, putera pertama Sanusi Baco, di rumah duka, Jalan Kelapa Tiga, Sabtu (15/5/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Sakit perut dan menyebabkan kematian, rupanya menjadi jalan syahid bagi penderitanya. Seperti dijelaskan dalam hadis sahih Bukhari dan Muslim. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan sebuah hadis dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

Syuhada (orang-orang yang mati syahid) itu ada lima, ‘orang mati karena terkena penyakit tha’un (lepra), orang yang meninggal karena sakit perut, orang yang mati tenggelam, orang yang tertimpa bangunan rumah atau tembok; dan orang yang gugur di jalan Allah.”

Dalam Sahih Muslim juga diriwayatkan sebuah hadis, Rasulullah bertanya:

Siapa yang terhitung syahid menurut anggapan kalian?” Mereka menjawab, “Wahai Rasulullah, siapa yang terbunuh di jalan Allah maka ia syahid.” Beliau menanggapi, “Kalau begitu, syuhada dari kalangan umatku hanya sedikit.” “Bila demikian, siapakah mereka yang dikatakan mati syahid, wahai Rasulullah?” tanya para sahabat. Beliau menjawab, “Siapa yang terbunuh di jalan Allah maka ia syahid, siapa yang meninggal di jalan Allah maka ia syahid, siapa yang meninggal karena penyakit tha’un maka ia syahid, siapa yang meninggal karena penyakit perut maka ia syahid, dan siapa yang tenggelam ia syahid.”

 Komentar

Berita Terbaru
Metro20 Juni 2021 22:23
Legislator NasDem Sulsel Cicu Pantau Bantuan Alat Kemasan: Kita Ingin Pastikan Berjalan Baik atau Tidak
Pedoman Rakyat, Makassar – Anggota DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi menggelar tatap muka dengan konstituen dalam agenda Kunjungan Daerah Pemili...
Metro20 Juni 2021 20:22
Parah, Prof Rudy Nyosor Ingin Cium Bu Dosen di Kamar Hotel
Pedoman Rakyat, Jakarta – Nama Profesor Rudy kembali dibahas. Bagaimana tidak, meski sudah dicopot dari jabatannya, Rudy tetap disorot karena ti...
Politik20 Juni 2021 19:36
Suarakan Jokowi 3 Periode, M Qodari Bisa Dipolisikan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Mantan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari yang terus menyuarakan jika Joko Widodo bisa tiga periode, bisa dipo...