Selain ke KPK, Mantan Ketua MK Anwar Usman Juga Diadukan ke Bareskrim soal Nepotisme

Nhico
Nhico

Rabu, 15 November 2023 23:10

Selain ke KPK, Mantan Ketua MK Anwar Usman Juga Diadukan ke Bareskrim soal Nepotisme

Pedomanrakyat.com, Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman diadukan ke Bareskrim Polri terkait dugaan nepotisme dalam putusan gugatan batas usia capres-cawapres.

Surat pengaduan masyarakat (Dumas) tersebut dilayangkan oleh Persatuan Advokat Demokrasi Indonesia (PADI), pada Rabu (15/11).

“(Pengaduan) sehubungan dengan dugaan tindak pidana nepotisme. Sebagaimana diatur di dalam Pasal 22 UU nomor 28 tahun 1999,” ujar perwakilan PADI, Charles Situmorang di Bareskrim Polri.

Charles mengaku pihaknya sengaja mengadukan Anwar lantaran dinilai terlibat nepotisme dengan membantu Gibran Rakabuming, anak Presiden Joko Widodo, menjadi jadi calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Menurutnya dugaan nepotisme tersebut juga sejalan dengan temuan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) bahwa Anwar Usman terbukti melanggar kode etik berat.

Sebelumnya Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie menyatakan Ketua MK, Anwar Usman terbukti melakukan pelanggaran etik berat dalam perkara uji materi terkait syarat capres cawapres dari unsur kepala daerah.

Menurut Jimly, Anwar terbukti membuka ruang intervensi pihak luar dalam pengambilan putusan perkara nomor: 90/PUU-XXI/2023. Anwar kemudian dicopot dari jabatannya sebagai Ketua MK.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah16 Juli 2024 18:24
Curhat di Live TikTok, Nelayan di Soppeng Dapat Bantuan dari Rusdi Masse, dari Mesin Perahu, Biaya Perbaikan Rumah hingga Seragam Sekolah
Pedomanrakyat.com, Makassar – Berawal dari curhat melalui live TikTok, seorang nelayan di Kabupaten Soppeng yang tengah kesulitan, menerima seju...
Politik16 Juli 2024 15:44
Hubungan Kekerabatan hingga Motivasi Jabatan Disebut Jadi Faktor ASN Tak Netral di Pemilu
Pedomanrakyat.com, Makassar – Publish research intitute menggelar diskusi dengan tema “Netralisasi ASN Harga Mati, Melanggar Sanksi Besar ...
Daerah16 Juli 2024 14:45
Jagoan NasDem Muzayyin Arif-Ikhsan Hamid Datang ke Sinjai Timur, Puluhan Emak-emak Langsung Kerumuni: Harapan para Petani!
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon (Balon) Bupati dan wakil bupati Sinjai Muzayyin Arif- Andi Ikhsan Hamid menemui kelompok ibu rumah tan...
Nasional16 Juli 2024 12:17
Jokowi Lantik 906 Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2024 di Istana Me...