Selamat, Jabar Juara Umum PON Papua 2021

Nhico
Nhico

Jumat, 15 Oktober 2021 08:55

Selamat, Jabar Juara Umum PON Papua 2021

Pedoman Rakyat, Papua – Kontingen Jawa Barat (Jabar) dipastikan menjadi juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua setelah menjadi pengumpul medali terbanyak.

Dengan hasil ini Jabar pun menjadi juara umum dalam dua penyelenggaraan PON berturut-turut. Jabar juga menjadi juara umum tahun 2016 saat menjadi tuan rumah.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Jabar dalam seminggu terakhir mulai memperlihatkan kekuatan dengan satu per satu menyalip DKI Jakarta dan Jawa Timur, tidak tertandingi untuk mempertahankan gelar juara umum PON Papua setelah meraup 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu.

DKI Jakarta yang terlibat persaingan sengit sampai detik-detik terakhir dengan Jawa Timur, akhirnya menempati peringkat kedua hanya dengan keunggulan tipis selisih medali perak dan perunggu.

DKI meraih 110 medali emas, 91 perak dan 100 perunggu, sementara Jatim yang sempat menguntit di peringkat ketiga akhirnya terpeleset di peringkat ketiga dengan 110 emas, 89 perak dan 88 perunggu.

Tambahan medali emas untuk Jawa Barat yang semakin memperkokoh posisi di puncak, di antaranya diraih melalui cabang karate nomor kata beregu putri, angkat berat, renang, atletik, loncat indah dan angkat berat.

Sebelum mengunci gelar juara umum untuk kedua kalinya secara beruntun, kontingen Tanah Pasundan itu sempat bersaing ketat dengan dua daerah lain yang secara tradisional merupakan kekuatan utama di setiap penyelenggaraan PON, yaitu Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Bagi Jawa Barat, sukses menjadi juara umum merupakan yang kelima dan yang terakhir ketika menjadi tuan rumah 2016. Rekor kemenangan terbanyak masih dipegang oleh DKI Jakarta, yaitu 11 kali dan terakhir pada 2012 di Riau.

Sementara Jawa Timur baru dua kali menjadi juara umum, yaitu pada 2000 ketika menjadi tuan rumah dan pada 2008 di Kalimantan Timur.

Sepanjang sejarah PON, hanya empat daerah yang mendominasi juara, yaitu DKI, Jabar, Jabar, dan Jateng. Jateng tampil sebagai juara pada penyelenggaraan PON pertama pada 1948 saat masih diwakili oleh Keresidenan Surakarta.

Hari Jumat (15/10), pesta olahraga yang diikuti sekitar 7.000 atlet dari seluruh 34 daerah, hanya akan menggelar upacara penutupan, di Stadion Lukas Enembe. Menurut rencana, PON XX Papua akan ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amien.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal25 Oktober 2021 10:56
Polisi Buru Pemotor yang Beraksi Freestyle di Jalan Tol Layang Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Viral video aksi ugal-ugalan dua pemotor yang nekat menerobos jalan tol layang AP Pettarani Makassar, Sabtu (23/10/20...
Metro25 Oktober 2021 10:32
Sedang Asik Berduaan di Wisma, Sepasang Mahasiswa di Makassar Digerebek Satpol PP
Pedoman Rakyat, Makassar – Sepasang mahasiswa terjaring razia sedang berduaan di dalam sebuah wisma. Razia ini dilakukan oleh Dinas Sosial dan S...
Ekonomi25 Oktober 2021 09:58
Menteri BUMN Erick Thohir Minta Garuda Fokus Penerbangan Domestik kalau Mau Kembali Sehat
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan maskapai penerbangan Garuda Indonesia harus berfokus m...
Daerah25 Oktober 2021 09:05
Pesawat Kargo Smart Air Kecelakaan di Bandara Ilaga Papua, Pilot Meningal
Pedoman Rakyat, Papua – Pesawat kargo Smart Air jatuh di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Pesawat mengangkut sejumlah barang ka...