SYL dan IAS Lebih Berpengaruh daripada Gubernur Nurdin Abdullah di Pilwalkot

Editor
Editor

Minggu, 23 Februari 2020 11:35

SYL dan IAS Lebih Berpengaruh daripada Gubernur Nurdin Abdullah di Pilwalkot

Pedoman Rakyat, Makassar – Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia, RAS MD, merilis survei terbarunya.

Ada beberapa temuan terbaru yang diungkapnya. Salah satu tokoh berpengaruh dalam kontestasi Pilwalkot Makassar tahun ini.

Dari data yang dirilis, klan Syahrul Yasin Limpo (SYL) masih berpengaruh besarbesar yakni 33, 1 persen. Kemudian disusul oleh klan mantan Walikota Makassar dua periode Ilham Arif Sirajuddin (IAS) mendapatkan 32, 6 persen.

Pengaruh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah rupanya tidak begitu kuat. Ia berada di urutan ketiga atau 8,3 persen.

Klan SYL dan IAS dinilai memiliki  investasi sosial besar serta tingkat ketokohan yang cukup baik di mata masyarakat.

Disisi lain, penguasah tersohor sekaligus pendiri Bosowa Corp, Aksa Mahmud dinilai paling rendah pengaruhnya di Pilwalkot Makssar kali ini.

“Kenapa SYL dan IAS sangat berpengaruh karena posisi investasi sosial keduanya jauh lebih besar, faktor personal ketokohan mereka jauh lebih bagus,” kata Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia, RAS MD di Makassar, Minggu (23/2/2020).

Adapun figur dari klan SYL di Pilwali Makassar yakni Irman Yasin Limpo yang  juga merupakan adik kandung Menteri Pertanian RI, figur dari klan IAS yakni Syamsu Rizal MI (Deng Ical) sementara figur dari Aksa Mahmud sendiri ada nama Munafri Arifuddin atau Appi.

Ia menambahkan, dalam survei yang dilakukan pihaknya, terpotret ada empat figur yang berpotensi maju dan mendapat dukungan partai politik.

“Kami survei sejak 1 sampai 6 Februari dengan melibatkan 440 responden. Ada empat figur yang berpotensi maju, yaitu Moh Ramdhan Pomanto, Syamsu Rizal, Munafri Arifuddin dan Irman Yasin Limpo,” tutupnya. (zul)

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah16 Juli 2024 18:24
Curhat di Live TikTok, Nelayan di Soppeng Dapat Bantuan dari Rusdi Masse, dari Mesin Perahu, Biaya Perbaikan Rumah hingga Seragam Sekolah
Pedomanrakyat.com, Makassar – Berawal dari curhat melalui live TikTok, seorang nelayan di Kabupaten Soppeng yang tengah kesulitan, menerima seju...
Politik16 Juli 2024 15:44
Hubungan Kekerabatan hingga Motivasi Jabatan Disebut Jadi Faktor ASN Tak Netral di Pemilu
Pedomanrakyat.com, Makassar – Publish research intitute menggelar diskusi dengan tema “Netralisasi ASN Harga Mati, Melanggar Sanksi Besar ...
Daerah16 Juli 2024 14:45
Jagoan NasDem Muzayyin Arif-Ikhsan Hamid Datang ke Sinjai Timur, Puluhan Emak-emak Langsung Kerumuni: Harapan para Petani!
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon (Balon) Bupati dan wakil bupati Sinjai Muzayyin Arif- Andi Ikhsan Hamid menemui kelompok ibu rumah tan...
Nasional16 Juli 2024 12:17
Jokowi Lantik 906 Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2024 di Istana Me...