Terjerat Kasus Narkoba Meningkat Selama Pandemi, Pemicunya Terkena PHK dan Dirumahkan

Editor
Editor

Senin, 16 November 2020 16:52

Ilustrasi
Ilustrasi

Pedoman Rakyat, Bali – Pandemi covid-19 yang membuat banyak pekerja terkena PHK berdampak terhadap meningkatnya kasus narkoba. Di Bali Misalkan, dari data Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat mencatat ada 716 yang terjerat kasus narkoba selama pandemi. Mereka ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Polda Bali. 

Kepala BNN Bali, Brigjen I Putu Gede Suastawa, menjelaskan, rata-rata para tersangka tersebut terjerumus narkoba karena terkena PHK atau dirumahkan. Mereka kemudian menjadi kurir atau pengguna. 

Selain itu, para tersangka tersebut beralasan merasa tenang dan aman jika mengkonsumsi narkoba di tengah pandemi virus corona.

“Karena yang pertama para pengguna-pengguna banyak yang di PHK kemudian work from home (WFH). Karena, justru ketagihan karena tidak ada kegiatan, walaupun terbatas (pendapatan) dia mempunyai uang sedikit,” ujarnya, Senin, (16/11/2020).

Bila dibandingkan tahun 2019 terdapat 571 kasus narkoba yang ditangani BNN Bali. Sementara pada Januari-November 2020, kasus narkoba meningkat menjadi 618 kasus.

Meski tak menyebut angka pasti, namun barang bukti yang dominan dalam penangkapan ini adalah sabu-sabu, kemudian ganja, tembakau gorila, dan ekstasi.

Sementara penggunaan ekstasi menurun. Hal tersebut karena biasanya ekstasi dikonsumsi para penggemar klub malam, Sementara klub malam di Bali masih tutup imbas corona. (adi)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional02 Desember 2020 20:34
Anak Jusuf Kalla Laporkan Ferdinand dan Rudi S Kamri ke Bareskrim
Muswirah melampirkan sejumlah barang bukti berupa tangkapan layar unggahan Ferdinand dan Rudi di Twitter, YouTube, dan Facebook....
Nasional02 Desember 2020 19:56
Luhut Izin ke Presiden Jokowi: Berkenan Menunjuk Syahrul Yasin Limpo Jabat Menteri KKP
Hal ini terungkap dari surat Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang ditandatanginya tertanggal 2 Desember 2020. ...
Metro02 Desember 2020 19:17
Gubernur Nurdin Support Forum Komunikasi Umat Beragama Sulsel
Mudah-mudahan kita tetap berada dalam situasi aman dan damai, rukun antara umat beragama...
Nasional02 Desember 2020 18:27
Ridwan Kamil Pajang Foto Jadul Zaman SMP, Netizen: Mukanya Lebih Muda Sekarang, Pasti Karena Skinecare
Kang Emil, sapaan akrabnya berpose di belakang motuba --panggilan untuk mobil jadul yang sudah berumur tua....