Tolak Percepatan Pilkada, NasDem tidak Ingin Ada Kegaduhan

Nhico
Nhico

Rabu, 22 November 2023 15:55

Willy Aditya.(F-INT)
Willy Aditya.(F-INT)

Pedomanrakyat.com, Jakarta – Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Willy Aditya, menegaskan Fraksi Partai NasDem menolak percepatan jadwal Pilkada 2024 menjadi September dari sebelumnya November.

NasDem tidak ingin terjadi kekacauan ketatanegaraan dengan dimajukannya pilkada.

“Kita dari Fraksi Partai NasDem menolak bila Pilkada dimajukan. Kita ingin Pilkada Serentak tetap berlangsung November 2024,” kata Willy, Selasa (21/11).

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mengusulkan agar Pilkada 2024 dimajukan dari November ke September.

Menurut Willy, jika pemerintah memajukan Pilkada 2024 ke September maka akan menimbulkan kegaduhan.

“Bayangkan kalau (Pilkada) di September, proses pemilu masih berjalan. Di dalam pemilu ada tiga komponen penting yakni peserta pemilu, penyelenggara pemilu dan kandidat. Kami sebagai peserta pemilu yakni sebagai partai politik, masih dalam fokus pileg. Itu masih ada gugatan dan segala macam,” kata Willy.

Atas dasar itu, Legislator NasDem yang juga Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR itu menegaskan NasDem keberatan dimajukannya Pilkada 2024 ke September dari sebelumnya November.

“Ini jadi catatan kita bersama. Ojo kesusu lah. Itu poin utama. Kalau UU Pilkada dibahas di masa reses, sangat dipaksakan,” tegas Willy.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik16 Juli 2024 15:44
Hubungan Kekerabatan hingga Motivasi Jabatan Disebut Jadi Faktor ASN Tak Netral di Pemilu
Pedomanrakyat.com, Makassar – Publish research intitute menggelar diskusi dengan tema “Netralisasi ASN Harga Mati, Melanggar Sanksi Besar ...
Daerah16 Juli 2024 14:45
Jagoan NasDem Muzayyin Arif-Ikhsan Hamid Datang ke Sinjai Timur, Puluhan Emak-emak Langsung Kerumuni: Harapan para Petani!
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon (Balon) Bupati dan wakil bupati Sinjai Muzayyin Arif- Andi Ikhsan Hamid menemui kelompok ibu rumah tan...
Nasional16 Juli 2024 12:17
Jokowi Lantik 906 Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2024 di Istana Me...
International16 Juli 2024 11:28
Joe Biden Kecam Trump Pilih Senator JD Vance Jadi Cawapres di Pemilu AS 2024
Pedomanrakyat.com, AS – Tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menanggapi pengumuman kandidat presiden AS Donald Trump yang menjat...