VIDEO: Jokowi Bicara Pandemi Covid-19 di HUT Partai Golkar ke-56

Editor
Editor

Senin, 26 Oktober 2020 05:43

Pedoman Rakyat, Jakarta – Pandemi Covid-19 membawa dampak buruk yang luar biasa dan telah menciptakan efek domino, mulai dari masalah kesehatan hingga masalah sosial dan ekonomi.

Seluruh lapisan masyarakat terkena dampaknya, mulai dari tingkatan rumah tangga, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hingga korporasi. Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan secara virtual pada peringatan hari ulang tahun ke-56 Partai Golkar menyebut bahwa pandemi Covid-19 telah membuat kontraksi ekonomi di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

“Perekonomian di berbagai negara mengalami kontraksi, bahkan resesi. Tak ada yang kebal dari pandemi, termasuk negara kita Indonesia” ungkapnya dalam video yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu, 24 Oktober 2020.

Kepala Negara menjelaskan, sebelum pandemi, ekonomi Indonesia selalu tumbuh sekitar 5 persen. Di tahun 2019 misalnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,02 persen. Akibat pandemi, pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat menjadi 2,97 persen di triwulan pertama, dan minus 5,32 persen di triwulan kedua tahun 2020.

“Tetapi dibandingkan dengan negara-negara lain, kontraksi ekonomi Indonesia relatif lebih landai dan saya meyakini insyaallah mampu untuk segera _recovery_, mampu melakukan pemulihan,” imbuhnya. Hal tersebut terlihat dari pergerakan berbagai indikator strategis selama triwulan ketiga tahun 2020 yang telah menunjukkan perbaikan. Harga-harga pangan seperti beras tetap terjaga.

Di awal sambutan, Presiden tak lupa menyampaikan ucapan selamat ulang tahun yang ke-56 bagi Partai Golkar. “Semoga Partai Golkar yang sudah besar sekarang ini terus besar dan berkontribusi untuk Indonesia Maju,” tandasnya.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro30 November 2020 20:59
China Tertarik dengan Sampah di Sulsel
Mereka sudah bersurat pernyataan minat untuk investasi. Pemerintah Kota juga menjawab silakan dengan syarat mereka harus melakukan berapa hal...
Nasional30 November 2020 20:42
Sistem Penggajian PNS Akan Diubah, Tak Tergantung Pangkat Tapi Beban dan Resiko Pekerjaan
Implementasi formula gaji PNS ini nantinya dilakukan secara bertahap. Diawali dengan proses perubahan sistem penggajian...
Nasional30 November 2020 19:46
Masuk Lewat Pintu Belakang Rumah Warga, Begini Pembantaian Sadis Ali Kalora Cs di Sigi
Ali Kalora cs ternyata tak hanya langsung membunuh dengan sadis namun mengambil barang-barang warga dan kemudian membakar enam rumah.  ...
Peristiwa30 November 2020 17:44
Kian Panik, Logo Kostum RT/RW “2 Kali Tambah Baik” Dicopot Pendukung Appi-Rahman
Tindakan tak terpuji itu dilakukan oleh seorang pria berbaju kuning. Lelaki yang juga mengenakan masker Appi-Rahman itu mencopot logo....