Yandri Susanto Minta Kegiatan Pelajar Susur Sungai Ditiadakan

Nhico
Nhico

Selasa, 19 Oktober 2021 10:05

Yandri Susanto Minta Kegiatan Pelajar Susur Sungai Ditiadakan

Pedoman Rakyat, Jakarta – Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto meminta kegiatan susur sungai untuk ditiadakan. Hal ini dikarenakan adanya laporan sebelas siswa Madrasah Tsanawiyah Harapan Baru meninggal akibat tenggelam saat mengikuti kegiatan tersebut di Cileueur, Ciamis, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Ia menilai kegiatan susur sungai sangat berisiko, tinggi sehingga berbahaya bagi siswa.

“Sebaiknya (kegiatan susur sungati) ditiadakan karena terlalu berisiko,” kata Yandri Susanto berdasarkan keterangan persnya,Senin (18/10/2021). Ia juga menyampaikan dukacita atas tewasnya belasan pelajar itu. Yandri meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk menindaklanjuti peristiwa ini sehingga tak terjadi lagi di masa yang akan datang.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Kami turut berduka, Kemenag wajib menjadikan ini bahan evaluasi sehingga tidak terjadi lagi di masa-masa yang akan datang,” kata Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini. Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori mengatakan kegiatan susur sungai harus diganti dengan kegiatan luar ruangan yang tidak memiliki resiko tinggi.

Bukhori menyampaikan kegiatan luar ruangan memang penting untuk dilakukan. Namun kegiatan yang dilakukan harus yang bermanfaat dan tidak berbahaya.

“Kegiatan di luar sekolah penting, namun dengan SOP standar. Jika belum punya standar, sebaiknya dihindari, diganti dengan kegiatan outdoor yang tidak berisiko tinggi,” kata dia.

Lebih lanjut, menurut Bukhori, kegiatan siswa yang menantang bahaya seperti susur sungai itu boleh saja dilakukan. Akan tetapi harus ada pendampingan dari pihak profesional.

“Kalau didampingi dengan para instruktur ahli dan ada SOP yang standar militer, saya rasa tidak jadi masalah,” saran politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro06 Desember 2021 18:26
Peringatan Dini BMKG: Semua Daerah di Sulsel Waspada Hujan Lebat-Angin Kencang dan Potensi Banjir
Pedoman Rakyat, Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Sulawesi Sel...
Hiburan06 Desember 2021 18:06
Celine Evangelista Ikut Merasa Bersalah Kematian Novia Widyasari, Tak Balas DM Curhatannya
Pedoman Rakyat, Jakarta – Penyesalan Celine Evangelista atas kematian Novia Widyasari baru terungkap. Celine Evangelista mengaku kaget setelah m...
Hukum/Kriminal06 Desember 2021 17:19
Security Asal Gowa Tewas Ditikam di Sebuah Kafe Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang pria berinisial AB (30) meregang nyawa usai nongkrong di kafe Noyu, Jalan Syarif Al Qadri, Kecamatan Makassar, Kota ...
Daerah06 Desember 2021 16:45
Sungai di Soppeng Sulsel Meluap, Dua Rumah Hanyut Terbawa Arus
Pedoman Rakyat, Soppeng- Dua unit rumah panggung di Kabupaten Soppeng, Sulsel hanyut terbawa arus sungai yang meluap. Senin (6/12/2021). Peristiwa yan...